kali Item
kali Item

Kementerian PUPR Turun Tangan Atasi Kali Item

MENITRIAU.COM - Produksi rumah tangga berupa tempe dan tahu yang ada di sekitar Kali Sentiong atau Kali Item diduga menjadi salah satu penyebab kali tersebut kotor dan bau. Kali yang bau akan mengganggu perhelatan Asian Games karena lokasinya tak jauh dari wisma atlet.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (29/7/2018), saat ditelusuri di kawasan Jakarta Pusat, tampak saluran air di sekitar rumah produksi tempe dan tahu tercemar limbah dan menimbulkan bau tak sedap. 

Namun, salah satu pengrajin tempe di komplek ini mengaku hanya membuang limbah berupa air rendaman tempe dan tidak membuang limbah padat di saluran air.

"Kalau limbahnya itu yang padat dimasukin ke karung dan yang cair dibuang ke saluran air," kata pengrajin tempe Handika.

Untuk membantu Pemprov DKI Jakarta menghilangkan bau [Kali Item](https://www.liputan6.com/tag/kali-item ""), Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memasang pompa air untuk mengalihkan aliran air kali item ke Kali Sunter.

Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno membenarkan pemerintah pusat turut membantu penanganan Kali Sentiong.

"Pemerintah pusat yang mengatur aliran sungai di 13 sungai ini, mereka yang memiliki kewenangan dan kita bekerja sama disini," ujar Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Sabtu pagi terlihat volume air di Kali Sentiong telah berkurang dibanding kemarin. Meski aroma cukup menyengat masih terasa di sekitar lokasi. (Rio Audhitama Sihombing) 



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)