Narasumber, peserta, dan panitia foto bersama usai acara. (istimewa)
Narasumber, peserta, dan panitia foto bersama usai acara. (istimewa)

STIKes Tengku Maharatu Gelar Workshop BASABA

MENITRIAU.COM - PEKANBARU - Pencapaian SDGs dalam Penanganan Kegawatdaruratan Bayi Baru Lahir dengan BASABA (Bapak Sayang Bayi) merupakan tema seminar dan workshop yang diadakan oleh STIKes Tengku Maharatu di Ballroom Grand Suka Hotel pada 2 Maret 2019 lalu. 

Ketua STIKes Tengku Maharatu Ns Carles, S.Kep, M.Si dalam sambutannya mengatakan, kegiatan seminar ini merupakan agenda tahunan yang dirancangkan untuk mengembangkan suasana akademik kampus. 

Kegiatan dibagi dalam 2 sesi, yaitu seminar tentang Basaba (Bapak Sayang Bayi) serta peran tenaga kesehatan dalam deteksi dini dan upaya melahirkan bayi sehat dari beberapa narasumber. 

Peserta seminar dan workshop kali ini dari tenaga kesehatan, terdiri dari bidan, perawat, dan kesehatan masyarakat.

Tema seminar kali ini mengutamakan sentuhan bapak terhadap bayi yang mengalami kegawatdaruratan selama proses rujukan yang terbukti dapat menurunkan angka kematian bayi 2,4 persen dari 61,7 persen menjadi 59,5 persen, terutama pada kelahiran bayi berat badan rendah, meningkatkan peranan ayah dengan kasih saying mampu memberikan kepercayaan diri anak untuk bertahan dan menjadi normal serta merupakan program inovasi dalam mencapai target Sustainable Development Goals yang harus dicapai pada tahun 2030.

"Pemerintah dalam hal ini melakukan peningkatan jejaring rujukan khususnya dalam merujuk pasien persalinan demi keselamatan ibu dan bayi saat menjelang waktu persalinan, meningkatkan akses dan biaya jaminan kesehatan," ucapnya. 

"Harapan setelah mengikuti seminar dan workshop ini, diharapakan tenaga kesehatan mampu menciptakan inovasi terbaik dalam upaya menurunkan angka kematian bayi kedepannya," imbuh Ketua Panita Lita Nafratilova, S.Si.T, M.Keb didampingi Sekretarisnya Wan Anita, S.Si.T, M.Kes. (rilis) 



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)