Pangdam I Bukit Barisan Mayjen M Sabrar Fadhilah bersama Kapolda Sumut, Irjen Agus Andrianto menunggangi motor keliling Kota Medan, Senin (15/4/2019). (kapendam)
Pangdam I Bukit Barisan Mayjen M Sabrar Fadhilah bersama Kapolda Sumut, Irjen Agus Andrianto menunggangi motor keliling Kota Medan, Senin (15/4/2019). (kapendam)

Pangdam I/BB dan Kapoldasu Gelar Patroli Pam Pemilu di Medan

MENITRIAU.COM - MEDAN - Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah mengawali pelaksanaan patroli pengamanan Pemilu 2019 bersama Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto, Senin (15/4/2019). 

Patroli pengamanan Pemilu 2019 untuk wilayah Kota Medan sekitarnya ini, menjadi referensi bagi daerah lain di Provinsi Sumatera Utara untuk melakukan hal serupa. 

Patroli yang melibatkan personil TNI dari tiga matra (AD, AL, AU) bersama Polri ini, mengambil start dari Markas Polda Sumut, Jln Medan-Tj Morawa, dan finish di Lapangan Merdeka Medan. 

Ada dua rute utama dalam kegiatan patroli ini. Rute pertama, markas Polda Sumut-Jln Sisingamangaraja, bundaran eks Bandara Polonia-Jln Mongonsidi-Jln Djamin Ginting-Simpang Pos-Ring Road/Jln Gagak Hitam-kawasan Manhattan Square-Sei Sikambing-Griya Riatur-Jln Adam Malik-Pulo Brayan dan Cemara Asri untuk istirahat makan siang. 

Rute kedua, Cemara Asri, Jln Pancing/Jln Willem Iskandar-Jln Aksara-Asia Mega Mas-Jln Asia-Jln Pandu-Jln Ahmad Yani-Jln Kesawan dan finish di Lapangan Merdeka Medan. 

Pangdam melalui Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) I/BB, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga menjelaskan, patroli ini sebagai showforce kepada publik Kota Medan khususnya, dan umumnya masyarakat Sumut, bahwa TNI-Polri di wilayah ini siap dengan segala kekuatan yang dimiliki untuk mengawal dan mengamankan proses Pemilu 2019 berlangsung aman, dan lancar.   

"Patroli sepeda motor untuk pengamanan Pemilu 2019 oleh personil TNI-Polri di wilayah Sumut ini merupakan langkah cipta kondisi lingkungan yang aman, nyaman dan kondusif dalam rangka menyukseskan Pemilu serentak 2019," terang Kolonel Sinaga.  

Dalam pelaksanaan patroli ini, Pangdam I/BB terlihat menggunakan motor trail Bimasakti buatan PT Pindad Enjinring Indonesia --anak perusahaan PT Pindad (Persero). 

Trail Bimasakti ini merupakan trail khusus berspek tempur yang diperuntukkan bagi prajurit TNI AD. Di tubuh trail berkapasitas 250 cc ini tersemat radio charging anti air, GPS outdoor, GPS tracker, GoPro, sirene patwal dan lampu rotator. 

Tak hanya itu, bagi setiap penunggang Bimasakti yang didesain dengan warna Army Green dan Hitam Doft ini, juga dilengkapi sejumlah Alkapsus (alat perlengkapan khusus). Di antaranya, helm antipeluru, balaclava, gasmask bersama gasmask canister, kacamata googles, pelindung lutut dan siku, serta sarung tangan multi fungsi.  

Sementara, Kapolda Sumut terlihat menunggang motor matic berkapasitas silinder 150 cc dengan warna khas Polisi serta stiker strip  tiga dengan les merah-biru-merah. 

Selain kedua jenderal ini, di belakang keduanya juga berbaris puluhan motor beragam jenis yang merupakan personil patroli pengamanan Pemilu 2019 di Kota Medan sekitarnya. ***



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)