Peresmian Prodi Pulp dan Kertas di Unri oleh Menristekdikti, beberapa lalu. (istimewa)
Peresmian Prodi Pulp dan Kertas di Unri oleh Menristekdikti, beberapa lalu. (istimewa)

Kuota Penerimaan Mahasiswa D3 Pulp dan Kertas Unri Mesti Perhatikan Anak Daerah

MENITRIAU.COM - PEKANBARU - Hadirnya perguruan tinggi tentu harus mampu menjadi akses yang mampu melayani seluruh komponen masyarakat, termasuk juga masyarakat tak mampu atau juga masyarakat tempatan.

Keterlibatan industri membangun Sumber daya manusia yang berkolaborasi dengan perguruan tinggi wajib di acungkan jempol. Seperti yang dilakukan PT RAPP melalui yayasan Tonoto Foundation mampu mendirikan Program Studi D3 Pulp yang menjadi salah satu program studi di Fakultas Teknik.

Sejak diresmikan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi pada berapa saat lalu tentu akan sangat diharapkan oleh masyarakat terutama diareal perusahaan di Kabupaten Pelalawan dan beberapa kabupaten di areal konsesi.

"Mesti ada instrument ukur yang harus dipertimbangkan," ungkap Dr Muhammad Syafi'i, dosen Universitas Riau yang juga Putra Daerah Pelalawan.

Ia menyampaikan proses recruitmen merupakan proses yang amat penting, betapa tidak, kita tidak mau masyarakat cuma jadi penonton sehingga mahasiswa banyak dari luar saja. Sedangkan masyarakat tempatan tidak bisa kuliah disana.

"Bukannya mengelompokan suatu daerah, cuma harus ada instrumen ukur yang juga memperhatikan putra putri tempatan. Mulai dari isi tes maupun dosen yang melakukan tes harus mengerti karakteristik daerah.

"Jangan disamakan agar masyarakat di daerah konsesi dapat juga mengenyam pendidikan. Kalau ada info banyak putra daerah tak lulus tentu proses seleksi perlu diperhatikan," ujar doktor ilmu lingkungan ini seraya menambahkan, jika perlu di lakukan tes ulang lagi kalau perlu.

Hal ini bukan sekedar hanya opini saja karena di lapangan banyak pengaduan masyarajak ke saya selain informasi.

"Penerimaan minim proses seleksi juga membuat anak anak masyarakat tempatan tidak lulus saat seleksi beasiswa perusahaan  yang lampau. Aspirasi ini perlu ditindaklanjuti dengan duduk bersama," ujar dosen Unri ini. 



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)