Datuk Seri Syahril Abubakar, Ketua DPH LAM Riau. (istimewa)
Datuk Seri Syahril Abubakar, Ketua DPH LAM Riau. (istimewa)

LAM Riau Apresiasi dan Dukung Kinerja KPU

MENITRIAU.COM - PEKANBARU - Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau mengapresiasi serta mendukung kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam melaksanakan Pemilihan Umum serentak di Tanah Air, khususnya di Bumi Lancang Kuning. 

"Kita sangat mengapresiasi dan mendukung kinerja KPU Riau, dan kita doakan semoga rapat pleno tingkat provinsi berjalan lancar serta sukses," papar Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAM Riau Datuk Seri Syahril Abubakar kepada wartawan, Kamis (9/5/2019) di ruang kerjanya.

Dikatakannya, rapat pleno berjenjang sudah terlaksana hingga tingkat kabupaten/kota, dan semua pelaksanaan berjalan lancar dan aman, walau ada riak kecil yang tidak suka dengan penghitungan suara (pleno, red). Dan hari, Kamis-Sabtu (9-11/5/2019), rapat pleno tingkat provinsi di Hotel Aryaduta Pekanbaru.   

"Kita lihat KPU sukses melaksanakan Pemilu serentak 2019. Apa itu pileg, pilpres, DPD, DPR RI, DPRD Riau, dan DPRD kabupaten/kota. Barometer kesuksesan tersebut terlihat dari suksesnya pelaksanaan rapat pleno dari TPS hingga ke tingkat kabupaten dan kota. Dan hari ini hingga tiga hari ke depan, rapat pleno tingkat provinsi," paparnya. 

Dikatakan Datuk Syahril, melihat kondisi yang ada, mulai dari penghitungan di TPS, serta pleno kecamatan hingga kabupaten/kota di Riau, diyakininya tidak akan ada keributan dalam rapat pleno tingkat provinsi yang digelar KPU Riau. 

"Jika ada masalah, pastilah ada sesuatu yang salah dalam pencatatan yang dilakukan para saksi. Kenapa begitu, dari penghitungan dari bawah tidak ada masalah, tetiba di tingkat provinsi bermasalah. Dapat dipertanyakan, ada apa ini," ujar Syahril. 

Disinggung tentang suasana pasca pemilu di Provinsi Riau. Menurut Datuk Syahril, situasi aman dan kondusif. Bahkan dalam kesempatan itu ia mengajak seluruh lapisan masyarakat (anak dan kemenakan) Riau, untuk menjaga keamanan negeri ini. 

"Jangan sampai gara-gara beda pilihan kita berkecamuk. Kita di Bumi Melayu sangat menjunjung kebersamaan serta saling menghargai satu sama lainnya. Bukan anak Melayu yang mudah dipecah, orang Melayu biasa berdemokrasi," ucapnya.

"Pohon geharu tinggi menjulang, lebat berdaun sepanjang dahan. Pemilu usai Ramadan menjelang, semangat perpaduan kita utamakan," tutup Datuk Syahril. ***



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)