Zufra Irwan. (internet)
Zufra Irwan. (internet)

KI Riau Ikuti Rakor Regional KI Wilayah Sumatera

MENITRIAU.COM - PEKANBARU - Komisi Informasi Provinsi Riau dimulai hari ini, Selasa-Kamis (14-16/5/2019) menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Regional Komisi Informasi Wilayah Sumatera tahun 2019 di Jambi.

Rakor yang bertajuk Rembuk KI Regional Sumatera ini seperti tahun-tahun sebelumnya kembali difasilitasi oleh Fitra Riau, dengan tuan rumah KI Provinsi Jambi.

Ketua Komisi Informasi Provinsi Riau, Zufra Irwan menyebutkan, Rakor ini adalah bagian penting menghadapi Rakornas KI se Indonesia yang direncakan akan berlangsung di Bangka Belitung Bukan Juli mendatang.

"Karena itu KI Riau sangat serius menghadapi dan mengikuti Rakor ini. Karena ini bagian penting sebagai bahan masukan pada Rakornas nanti," kata Zufra dalam siaran pers yang diterima menitriau.com, Selasa (14/5/2019).

Menurut Zufra, Rakor ini akan diikuti oleh seluruh komisioner KI dan Sekretaris KI se-wilayah Sumatera. "Masing-masing bidang di KI mempersiapkan bahan-bahan dan persoalan yang dihadapi, termasuk soal kelembagaan dan kesekretariatan," ujar Zufra.

Dikatakan Zufra, selain membahas soal kelembagaan dan kesekretariatan hal yang juga menjadi prioritas bahasan di Rembuk KI nanti adalah berbagai isu terkait keterbukaan informasi di Badan Publik.

"Begitu juga terkait penguatan-penguatan paska putusan sidang KI di wilayah sumatera," tutur zufra.

Karena itu, lanjut Zufra, berkat dukungan dari Fitra Riau, selain akan menghadirkan Ketua KI Pusat Gede Narayana, Rembuk KI di Jambi nanti juga akan menghadir para ahli keterbukaan informasi dari Jakarta, termasuk aktifis CSO nasional dari Jakarta.

Dijelaskan Zufra, dalam upaya mendorong percepatan terwujudnya open goverment dan budaya transparansi aparatur, Rembuk KI regional sumatera di Jambi nanti akan membahas isu-isu strategis yang saat ini banyak dibahas berbagai pihak, termasuk informasi soal HGU yang saat ini masih gonjang-ganjing.

"Rembuk KI ini nanti juga akan memperdalam tatakelola informasi di bidang LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan). Informasi yang kita terima dari tuan rumah Jambi, Insya Allah seluruh Komisioner KI dan sekretaris se Sumatera akan dijamu buka bersama oleh Walikota dan Gubernur Jambi pada hari kegiatan tersebut," kata Zufra. ***



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)