Ikan salmon, salah satu jenis ikan laut yang aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. (internet)
Ikan salmon, salah satu jenis ikan laut yang aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. (internet)

Diabetes? Berikut Jenis Ikan Laut Aman Dikonsumsi

MENITRIAU.COM - Penderita diabetes harus tetap berhati-hati dalam memilih jenis ikan laut atau makanan laut untuk dikonsumsi. Sebagai panduan, ada beberapa jenis ikan laut atau makanan laut yang aman dikonsumsi.

Dikutip dari pertanianku.com, berikut ini jenis ikan laut yang sehat dan aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Ikan salmon

Ikan ini memiliki kandugan omega-3 yang tinggi. Selain itu, ikan salmon mengandung asam lemak tinggi yang bagus untuk kerja otak, jantung, kulit, dan bagian tubuh lainnya. Masalahnya adalah harga ikan salmon relatif mahal. Mahalnya ikan salmon tersebut bukan karena nilai gizinya, melainkan salmon tidak hidup di laut Indonesia.

Ikan trout

Ikan trout sama seperti ikan salmon dan sebenarnya masih satu famili dengan ikan salmon. Trout ini memiliki kandungan omega-3 yang relatif sama dengan ikan salmon. Untuk memasaknya, bisa ditumis atau digoreng dengan menggunakan minyak sehat seperti zaitun atau minyak kelapa yang aman untuk penderita diabetes.

Udang

Udang merupakan makanan laut yang memiliki kolesterol paling tinggi. Namun, bukan berarti udang harus dihindari dari menu diet penderita diabetes. Mengonsumsi sekali atau dua kali seporsi masih aman untuk penderita diabetes. Untuk mengonsumsi udang, usahakan dimasak dengan dikukus atau direbus.

Jangan mengonsumsi udang yang dibakar ataupun digoreng dengan minyak. Sebab, cara masak ini bisa merusak kandungan gizi yang ada dalam udang tersebut.

Kerang-kerangan

Makanan laut dengan cangkang yang keras membutuhkan usaha ekstra untuk bisa menikmatinya. Dengan begitu, sajian kepiting, kerang, bukur dan lainnya dapat mengurangi atau mencegah seseorang makan berlebihan. Sebab, makan berlebihan sangat tidak rekomendasikan bagi penderita diabetes.

Ikan sarden

Ikan sarden merupakan jenis ikan kalengan yang mudah didapat. Ikan ini kaya akan kalsium, vitamin D dan asam lemak juga omega-3. Penderita diabetes dapat memasukkan ikan ini sebagai salah satu menu hariannya. Namun, usahakan memilih sarden dengan kadar garam yang rendah. ***



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)