Giovanni Tobing bersama rekan sesama selebriti. (internet)
Giovanni Tobing bersama rekan sesama selebriti. (internet)

Hadir Pengajian Musyawarah. Ini 3 Pertanyaan Giovanni Tobing ke UAS

MENITRIAU.COM - JAKARTA - Pesinetron Giovanni Tobing diam-diam sudah menjadi mualaf sejak beberapa tahun terakhir. Hal ini diketahui dari tayangan sebuah video dalam channel YouTube Ustaz Abdul Somad Official yang diunggah pada Senin (2/9/2019).

Dalam video tersebut, Giovanni Tobing mengaku baru pertama kali mengikuti Pengajian Musawarah yang menghadirkan Ustaz Abdul Somad (UAS), semenjak dirinya menjadi mualaf.

Giovanni Tobing mengaku dirinya memeluk Islam setelah menikah. Pria kelahiran 23 April 1984 itu juga mengungkapkan dirinya merasa Islam merupakan suatu agama yang luar biasa.

"Saya seorang mualaf. Saya memeluk Islam setelah saya menikah. Dan, saya merasa Islam suatu agama yang luar biasa," kata Giovanni Tobing, seperti dikutip dari channel YouTube Ustaz Abdul Somad Official, Jumat (6/9/2019).

Giovanni Tobing pun mengaku masih mencoba belajar untuk mendalami Islam. Ia ingin menjadi muslim yang lebih baik dengan membiasakan salat lima waktu. Oleh karena itu, dalam sesi tanya-jawab, pesinetron 'Orang Ketiga' ini mengajukan tiga pertanyaan kepada Ustaz Abdul Somad.

Pertanyaan pertama adalah, sebagai seorang mualaf, Giovanni Tobing menanyakan cara memilih guru. Sebab, ia tidak ingin salah dalam memilih guru, sehingga tidak berjalan di jalan yang salah pula.

"Bagaimana kita tahu kita memilih guru; caranya memilih guru untuk memandu kita supaya kita tidak berjalan di jalan yang salah?" tanya Giovanni Tobing.

Demi menjawab pertanyaan tersebut, Ustaz Abdul Somad pun memberikan sebuah perumpamaan. Ia menceritakan kisah khalifah Umar bin Khattab yang suatu ketika merasakan kekhawatiran tidak akan ada yang meluruskan jalannya.

"Tapi kemudian ada sahabat berkata, 'Kalau kau salah, wahai Umar bin Khattab, aku akan meluruskanmu'. Alhamdulillah masih ada hamba Allah yang meluruskan," jawab Ustaz Abdul Somad.

Pertanyaan kedua, ia menanyakan bagaimana seseorang tahu bahwa guru yang telah dipilih itu benar.

"Dan, kalau kita sudah memilih (guru), bagaimana kita tahu kalau guru pilihan kita itu benar?" tanya Giovanni Tobing, selanjutnya.

Ustaz Abdul Somad pun menjelaskan bahwa mencari guru dalam Islam harus memenuhi tiga standar. Menurutnya, ketiga standar tersebut yaitu Alquran, sunnah, dan mengikuti ulama Ahlussunnah wal Jamaah.

Pertanyaan ketiga atau terakhir, Giovanni Tobing menanyakan terkait mazhab dalam Islam. Ia mengatakan tahu beberapa mazhab. Namun, Giovanni Tobing mengaku bingung bagaimana ia bisa memilih mazhab untuk diikuti.

"Mazhab apa yang kira-kira bisa dan cocok untuk saya, dan bagaimana saya memilihnya?" pungkas Giovanni Tobing.

Pertanyaan itu pun dijawab Ustaz Abdul Somad. Ia menjelaskan bahwa memilih mazhab itu disesuaikan dengan guru yang dipilih. Selain itu, mazhab yang dipilih haruslah membuat seseorang yang mengikutinya bisa menjadi lebih tenang dalam beribadah dan beramal.

"Jadi, dalam hal ini kita berguru ikut guru kita yang selamat dari syirik, yang selamat dari bidah dholalah, yang selamat dari kesesatan, dan kita tenang beramal," terang Ustaz Abdul Somad yang dilansir daru kumparan.com, Sabtu (7/9/2019). ***



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)