Suasana pelantikan anggota DPR RI periode 2019-2024. (internet)
Suasana pelantikan anggota DPR RI periode 2019-2024. (internet)

Anggota DPR RI Dilantik. Inilah Anggota Termuda dan Tertua

MENITRIAU.COM - JAKARTA - Sebanyak 575 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terpilih periode lima tahun ke depan 2019-2024 resmi dilantik hari ini, Selasa (1/10/2019), sekitar pukul 10.00 WIB di Paripurna DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Sidang paripurna pelantikan anggota DPR periode lima tahun ke depan dipimpin oleh pimpinan sementara DPR Abdul Wahab Dalimunthe dan Hillary Brigita Lasut. Sementara Sekretaris Jenderal DPR RI, Indra Iskandar membacakan Keputusan Presiden tentang peresmian keanggotaan DPR RI. Dia juga membacakan bahwa anggota DPR/MRP RI tertua dan termuda.

"Tertua Abdul Wahab Dalimunte usia 80 tahun dari Demokrat dan termuda Hillary Brigita 23 tahun dari NasDem," kata dia di kompleks DPR, Jakarta, seperti dikutip VIVAnews.

Sementara itu, janji atau sumpah untuk mengemban tugas sebagai wakil rakyat di parlemen dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung M Hatta Ali. Setelah melakukan sumpah, para anggota DPR terpilih menandatangani berita acara sumpah/janji yang dilakukan secara simbolis oleh lima anggota dewan.

"Acara pengucapan sumpah janji terlaksana dengan baik, semoga kita semua bisa mengemban amanah yang diberikan rakyat Indonesia," ujar Abdul Wahab.  

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penyerahan Memori DPR oleh Pimpinan DPR periode 2014-2019 kepada pimpinan sementara DPR dan penandatanganan Berita Acara Serah Terima. Setelah itu, pimpinan sementara DPR menutup sidang paripurna.

Dilansir dari viva.co.id, pelantikan anggota DPR periode 2019-2024 ini disaksikan oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Selain itu, hadir sejumlah menteri Kabinet Kerja Jokowi-JK, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Gubernur DKI Jakarta Anies, Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin dan sejumlah duta besar negara asing. ***



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)