Dandim 0301/Pekanbaru, Kolonel Edi Budiman menjadi inspektur upcara. (istimewa)
Dandim 0301/Pekanbaru, Kolonel Edi Budiman menjadi inspektur upcara. (istimewa)

Bentuk Generasi Berwawasan Kebangsaan. Kodim Pekanbaru Gelar Pramuka Saka Wira Kartika

MENITRIAU.COM - PEKANBARU - Guna membentuk generasi muda bangsa yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan serta berjiwa kesatriaguna membangun rasa cinta Tanah Air demi menjaga keutuhan NKRI, Kodim 0301/Pekanbaru menggelar kegiatan Pramuka Saka Wira Kartika di Lapangan Kikav 6/RBT Desa Tanah Merah, Siak Hulu, Kampar, Sabtu (9/11/2019).

Kegiatan dibuka Dandim 0301/Pekanbaru, Kolonel Edi Budiman yang dilakukan melalui pacara pembukaan kegiatan Pramuka Saka Wira Kartika SM II Kodim 0301/Pekanbaru tahun 2019 dengan thema "TNI AD siap pembina dan membentuk generasi muda bangsa yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan serta berjiwa kesatriaguna membangun rasa cinta tanah air demi menjaga keutuhan NKRI".

Adapun yang bertindak sebagai Inpektur Upacara Kolonel Inf Edi Budiman. Sedangkan Komandan Upacara Chandra, Siswa SMK Taruna.

Dalam arahannya, Kolonel Edi Budiman menyampaikan, kegiatan pembinaan Saka Wira Kartika ini, bertujuan untuk membentuk dan membina generasi muda sebagai pemimpin-pemimpin Bangsa dimasa depan, agar mempunyai kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan pekerja keras demi mendorong 
kemajuan serta keberhasilan pencapaian cita-cita bangsa. 

Agar generasi muda menjadi manusia-manusia yang bertaqwa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa memiliki kepribadian yang tangguh, terampil dan berpengetahuan, sehat dan kuat jasmani serta memiliki kesetiakawanan yang tinggi, sambung Dandim 0301/Pekanbaru.

"Gelorakan kembali semangat perjuangan para pendahulu kita, perjuangan dimasa sekarang bukan lagi perjuangan fisik seperti dimasa lalu, tetapi perjuangan untuk membangun Bangsa dan NKRI," tuturnya. 

"Harapkan kita bersama mari mengajak kaum muda untuk meningkatkan semangat Bela Negara serta mantapkan tekad kaum muda sebagai patriot pembangunan. Amalkan Satya dan Dharm Pramuka inti dari Satya dan Dharma Pramuka adalah semangat tekad kode etik termasuk pesan-pesan moral dan spiritual, namun bukan hanya dijunjung tinggi melainkan yang lebih penting dilaksanakan atau diamalkan," katanya. 
Hadir dalam acara tersebut Mayor Arm Luud Guntono (Pasi Wanwil Korem 031/WB), Kapten Czi P. Siregar (Pasi Ter Kodim 0301/Pbr), Kapten Arh Nirzam, S.Sos (Pasi Ops Kodim 0301/Pbr), Kapten Z. Zebua (Danramil 03/Senapelan), Kapten Kav Agus Syam (Danramil 06/Sukajadi), Kapten Arh Antoni (Danramil 04/Limapuluh), perwakilan dari masing-masing Koramil Kodim 0301/Pbr, dan sekitar 70 orang peserta upacara.

Pada akhirnya juga dilaksanakan penyematan tanda peserta latih. ***



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)