Azizon Nurza. (istimewa)
Azizon Nurza. (istimewa)

Dr Muhammad Syafi'i, Tokoh Pendidikan yang Energik dan Visioner

MENITRIAU.COM - Memasuki era Revolusi Industri 4.0, penguasaan teknologi menjadi sebuah keniscayaan dalam mempersiapkan SDM unggul dan berdaya saing. Untuk itu diperlukan sinergi antara dunia pendidikan dan dunia usaha untuk mewujudkannya.

Hal ini sejalan dengan komitmen Pemerintah Indonesia yang tertuang dalam inisiatif strategis nasional: “Making Indonesia 4.0”.

Strategi nasional ini membutuhkan talenta-talenta dengan kecakapan dan kompetensi teknologi Informasi komunikasi (TIK) yang tepat, yang siap mengantisipasi era baru yang kian kompleks, serba terhubung, penuh dinamika, dan sarat dengan inovasi.

Gencarnya transformasi dan dinamisnya pertumbuhan industri TIK global telah mendorong terjadinya lonjakan kebutuhan angkatan kerja berkecakapan tinggi di bidang teknis yang siap mendukung produktivitas industri.

“Namun di sisi lain, para pelaku industri masih melihat adanya kesenjangan pada ketersediaan jumlah SDM di bidang TIK, terutama lulusan sekolah menengah yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan industri”.

Ini sebagai tantangan yang harus bisa dijawab oleh PGRI Riau kedepan, agar gegap gempita geliat pertumbuhan industry dan ekonomi di Riau bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menyerap tenaga kerja asal Riau. Kita tentunya tak ingin masih ada ungkapan, anak Riau bagaikan ayam mati dilumbung padi.

Untuk itu PGRI Riau ke depan membutuhkan ketua yang agresif, memiliki visi yang tajam melihat problematika pendidikan dan masalah diseputar guru sebagai motor penggerak mencerdaskan anak bangsa, memiliki jaringan yang luas baik dikalangan guru, sekolah, pemerintah dan juga dunia usaha.

Adinda Dr Muhannad Syafi'i adalah tokoh yang tepat dan diyakini mampu menjawab tantangan-tangan ini. 

Salam...

*) Azizon Nurza, S.Pi, MM, MIPR, CPM
Profesional CSR & Corporate Communications Indonesia asal Riau.



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)