Kondisi banjir di Desa Bangun Purba. (hendra)
Kondisi banjir di Desa Bangun Purba. (hendra)

Banjir Rohul Rendam Puluhan Hektar Lahan Pertanian

MENITRIAU.COM - PASIR PANGARAIAN - Dampak banjir yang melanda di 8 kecamatan di Rokan Hulu (Rohul) dalam beberapa hari ini, mengakibatkan puluhan hektar tanaman padi gogo, padi sawah dan tanaman sayur mayur ikut terendam banjir.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Rohul, Mubrizal, Rabu (27/11/2019) mengatakan, selain padi gogo dan padi sawah, tanaman jagung serta sayur mayur lainnya juga terimbas banjir.

"Dari data sementara Petugas Penyuluh Pertanian Lapangan dan Pengamat Hama Penyakit, ada 30 hektar tanaman padi gogo terendam banjir di Kecamatan Kunto Darussakam.Di Rambah ada 6 hektar, Rokan IV Koto 2 hektar, sedangkan padi sawah yang terendam 8 hektar di Bangun Purba, 3 hektar di Rokan IV Koto,dan 1 hektar padi sawah di Rokan IV Koto Puso (gagal panen red)," jelas Mubrizal di ruang kerjanya.

Selain padi kata Mubrizal, di Bangun Purba tanaman cabe 2 hektar terendam banjir termasuk di Kunto Darussalam 5 hektar .

"Jumlah luas tanaman yang terendam banjir baik untuk padi gogo,padi sawah termasuk sayur mayur luas bisa meluas, karena itu data kecamatan yang berada di kawasa hulu sungai," 

"Tapi, bila nantinya banjir di hilir sungai seperti Kecamatan Rambah Hilir, Kepenuhan, Kepenuhan Hulu termasuk Bonai Darussalam maka luas tanaman terendam banjir bisa bertambah. Untuk tanaman padi yang puso baru 1 hektar di Rokan IV ktoo," terang Mubrizal lagi.

Ditanya luas tanaman padi gogo warga,Mubrizal mengakui, saat ini yang ditanam hingga Oktober 2019 mencapai 7.916 hektar, sedangkan untuk padi sawah luas tanam 2.364 hektar.

"Termasuk tanaman jagung yang penanamannya bulan Setember dan Oktober juga ikut terendam banjir. Banyak tanaman padi gogo, jagung serta sayur mayur terkena rendaman banjir umumnya berada di tepian sungai. Jadi data tanaman yang terendam banjir saat ini hanya sifatnya sementara, karena banjir bisa saje meluas ke kecamatan yang berada d Hilir Kabupaten Rohul," jelas Mubrizal. (hen)



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)