Sumpah bagi ASN sesuai agama Islam. (internet)
Sumpah bagi ASN sesuai agama Islam. (internet)

Jangan Ragu Pangkas Eselon III dan IV

MENITRIAU.COM - Presiden Joko Widodo menginginkan birokrasi yang lincah,  unggul dan "making delivered", salah satu idenya pernah dikemukan Jokowi yaitu dengan memangkas eselon 3 dan 4 di tiap tiap kementerian/lembaga.

Keinginan Presiden ini kemudian direspons cepat oleh Tjahjo Kumolo yang juga Menpan RB,  namun tampaknya banyak eselon 3 dan 4 yang tidak siap mental menjadi "fungsional" bahkan banyak juga eselon 2 dan eselon 1 yang juga kurang setuju dengan ini dengan beragam alasan. 

Bahkan rumors yang berkembang di kalangan ASN dan masyarakat menilai kebijakan ini secara politis akan merugikan PDIP di tahun 2024. Namun bagi penulis,  rencana pemangkasan eselon 3 dan eselon 4 adalah ide brilian Presiden dan sudah menjadi "given" atau prioritas pemerintahan. Diharapkan dengan birokrasi yang tidak tambun secara struktural,  namun penuh dengan fungsi yang dijalankan selaras dengan situasi yang memasuki tahap revolusi 4.0. 

Pemangkasan eselon 3 dan 4 juga akan menjadi batu ujian bagi kapabilitas kalangan eselon 2 dan 1 dalam menjalankan fungsi strategis, koordinasi dan manajemen setelah mereka tidak lagi dibantu eselon 3 dan 4.

Pemangkasan jabatan eselon 3 dan 4 memang dapat segera dilakukan di tingkat kedeputian/kedirjenan yang bersifat operasional,  sedangkan jajaran Sestama ataupun Irtama di jajaran kementerian atau lembaga serta yang melayani publik mungkin masih diperlukan eselon 3 dan 4. Selain itu, jangan ragu ragu memangkas eselon 3 dan 4. ***

*) SV Farrah, penulis adalah pemerhati birokrasi.



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)