Petugas RSUD AA tengah menggunakan alat pneumatic. (istimewa)
Petugas RSUD AA tengah menggunakan alat pneumatic. (istimewa)

Kirim Sampel di RSUD AA Bisa Lewat Pneumatic

MENITRIAU.COM - PEKANBARU - Ada pandangan yang baru terlihat di RSUD Arifin Achmad (AA). Ada sebuah pipa yang terlihat di platfom lorong IGD - Labor Patologi Klinik. Dilihat sekilas mungkin hanya seperti pipa biasa, tetapi siapa sangka fungsinya sangat luar biasa.

Alat itu dinamakan pneumatic. Sebuah teknologi yang memanfaatkan udara terkompresi untuk menghasilkan efek gsrakn mekanis. Karena menggunakan udara terkompresi, maka sistem pneumatic tidak bisa dipisahkan dengan kompresor, sebuah alat yang menghasilkan bertekanan tertentu.

Jadi, bagi pihak RSUD AA, alat ini digunakan untuk memudahkan mengirim sampel, hasil tes dan lainnya. "Yang jelas sangat terbantu dan mengurangi kerja petugas. Pengiriman juga sangat cepat," jelas dr. Devi Susanti, SpPK, salah seorang dokter di Laboratorium Patologi Klinik RSUD AA, Kamis (30/8/2018).

Ia mengaku frekuensi kerja petugas sebelum adanya pneumatic ini sangat tinggi. "Artinya sebelum adanya pneumatic ini pengiriman sampel dilakukan secara manual," jelasnya.

Ke depan, Ia berharap agar pengiriman-pengiriman ini tidak hanya ada di IGD - Labor saja, tetapi juga menghubungkan yang lainnya.

"Ya selama kurang lebih berjalan, yang jelas sangat membantu, memudahkan dan mempercepat pekerjaan," harapnya. ***



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)