Andre Zaky. (istimewa)
Andre Zaky. (istimewa)

Jelang Porwanas 2020. PWI Riau Gelar Turnamen Biliar Antar Wartawan

MENITRIAU.COM - PEKANBARU - Jelang digelarnya Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) di Jawa Timur tahun ini serta menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 2020, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau menggelar Turnamen Biliar 9 ball antar wartawan PWI se-Riau.

Turnamen tersebut akan digelar selama dua hari mulai 18-19 Januari 2020 di Rumah Billiar Abege Pool n Cafe Jalan Arifin Achmad Pekanbaru. Bagi peserta berprestasi juga akan diberikan uang pembinaan sebesar Rp5 juta untuk Champion, Rp2,5 Juta untuk Juara II, Rp1 juta untuk Juara III, dan Rp500 ribu untuk Semifinal I, dengan total hadiah sebesar Rp9 juta.

Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Riau, Raja Isyam Azwar, melalui Koordinator Cabor Billiar PWI Riau, Andre Zaky, Selasa (14/1/2020) mengungkapkan, sistem turnamen yang akan diselenggarakan tersebut, yakni menggunakan sistim pool dengan jumlah 32 Pool, untuk perebutan juara Pool nya akan diselenggarakan selama 1 hari mulai Pukul.10.00.WIB sampai selesai.

"Perebutan juara Pool ini kita menggunakan sistem gugur, tapi bagi peserta yang gugur bisa daftar ulang kembali sampai kuota Pool terpenuhi sebanyak 32 Pool. Artinya satu Pool kita rencanakan untuk 1 orang yang akan melaju ke babak utama," kata Andre Zaky.

Pada turnamen ini, para peserta juga akan dipungut biaya pendaftaran, yaitu sebesar Rp25 ribu satu kali pendaftaran. "Kita juga membuat sistim Wilcard atau beli Pool, sistim ini khusus bagi peserta yg tidak mau ikut di babak penyisihan. Namun untuk Wilcard ini jumlahnya terbatas menimbang pemerataan Pool pada peserta yang ikut bertanding. Untuk Wilcard harganya Rp150 ribu per Wildcard," ucap Andre yang juga atlet biliat PWI Riau ini. 

Lebih jauh ia menjelaskan, untuk turnamen ini juga ada persyaratan yang harus di penuhi peserta, yaitu tercatat sebagai anggota PWI kabupaten kota di Riau, dan sudah memiliki kartu UKW. Persyaratan ini wajib sesuai arahan Ketua PWI Riau, karena bagi peserta yang dinyatakan berprestasi dan berhasil menjuarai turnamen juga merupakan peserta atau atlit yang akan mewakili untuk Porwanas 2020 di Jawa Timur (Jatim) mendatang sesuai kuota yang akan dipertandingkan.

"Untuk jumlah peserta dari kabupaten kota, boleh mengirim peserta dengan maksimal 3 orang. Sedangkan untuk pendaftarannya bisa dikoordinasikan lansung dengan koordinator atau panitia turnamen," tuturnya.

Disisi lain, Ketua PWI Riau, H Zulmansyah Sekedang turnamen Biliar ini juga salah satu  bentuk  kegiatan dalam meningkatkan kemampuan atlit menghadapi Porwanas 2020 di Jawa Timur. Yang mana sebelumnya juga telah disampaikan pada masing-masing cabang olahraga (cabor) agar intensif melakukan latihan.

"Untuk Cabor Billiar kita berharap bisa diramaikan karena ini juga menentukan untuk atlit yang akan mewakili Porwanas kedepan," kata Zulmansyah.

Selain itu katanya, adanya turnamen seperti Biliar ini juga bagus, karena orang yang akan turun mewakili Porwanas nanti juga memiliki kemampuan teruji. Sehingga optimisme meraih banyak mendali pada Porwanas bisa tercapai dengan maksimal.

"Yang pasti dengan meningkatkan latihan, bisa memaksimalkan kemampuan menjelang bertanding," tutur  Zulmansyah. ***



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)