Yan Prana. (internet)
Yan Prana. (internet)

Sekdaprov Riau Tanggapi Soal Rotasi dan Mutasi Pejabat Pemprov Riau

MENITRIAU.COM - PEKANBARU - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Yan Prana menegaskan bahwa rotasi jabatan dan mutasi jabatan sudah sesuai dengan mekanisme, orang ditempatkan dengan kompetensinya.

Hal ini disampaikannya kepada wartawan di Kantor Gubernur Riau, kemarin. Ia menegaskan bahwa hal tersebut sudah sesuai dengan Undang Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan juga PP Nomor 11 tahun 2017.

"Rotasi jabatan dan mutasi jabatan sudah sesuai dengan mekanisme, orang ditempatkan dengan kompetensinya," ujar Sekdaprov Riau, Yan Prana Jaya, kepada wartawan, Selasa (14/1/2020) yang dilansir dari cakaplah.com.

"Seharusnya bulan Agustus 2019 Gubernur Riau sudah dapat melantik pejabat karena sudah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan juga Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN)," cakapnya.

Namun Gubri Syamsuar tidak ingin melakukannya karena terlebih dahulu ingin melihat sosok yang cocok untuk menempati kursi jabatan tersebut.

"Karena itu harus dilihat lagi siapa orang yang tepat. Karena bagaimanapun itu adalah orang yang nanti membantu gubernur dan wakil gubernur untuk mempercepat visi misi gubernur dan wakil gubernur," ujarnya.

Yan Prana juga menegaskan bahwa proses pelantikan tersebut tidak ada peraturan yang dilabrak.

"Kita kan nggak bodoh juga, artinya kalau melanggar pasti ada konsekuensi yang akan terjadi. Dan itu juga kita bahas dengan KASN," tegasnya.

Seperti diberitakan, pelantikan pejabat eselon III dan IV Pemprov Riau yang digelar minggu lalu diduga sarat kepentingan. Dalam pelantikan tersebut, selain memberikan jabatan kepada menantunya sendiri, Gubernur Riau Syamsuar yang memang dekat dengan Yan Prana sejak jadi bupati Siak juga memberikan kepercayaan kepada keluarga Yan Prana untuk jadi pejabat.

Terbukti, pada pelantikan pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemprov Riau baru-baru ini, tercatat adik dan abang kandung Yan Prana ikut dilantik. Termasuk istrinya juga mendapat jabatan. Dari staf kini mereka mendapat jabatan. Tak sedikit kalangan masyarakat memberi tanggapan miring soal pengangkatan ini. ***



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)