Bank Dunia (World Bank). (internet)
Bank Dunia (World Bank). (internet)

Reformasi Keuangan Indonesia, Bank Dunia Kucurkan Utang Rp5 Triliun

MENITRIAU.COM - JAKARTA - World Bank (Bank Dunia) baru saja menyetujui utang baru buat Pemerintah Indonesia, sebesar USD 300 juta atau hampir Rp5 triliun (Kurs Rp 16.500).

Dikutip dari laman resmi World Bank, tujuan penggunaan utang ini adalah untuk mendukung reformasi sektor keuangan. "Tujuannya untuk membantu Pemerintah Indonesia dalam mencapai sektor keuangan yang dalam, efisien, dan tangguh," demikian dinyatakan Bank Dunia, Senin (23/3/2020).

Dilansir dari kumparan.com, utang dari Bank Dunia ini memiliki tenor 14 tahun dengan grace periode 5 tahun.

Reformasi keuangan yang dimaksud adalah memperluas jangkauan atau inklusi keuangan, memperluas produk pasar keuangan, dan memobilisasi secara jangka panjang tabungan berjangka. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan ketersediaan dana dan akses peluang keuangan untuk individu dan perusahaan.

Bank Dunia juga menyebut, utang ini untuk program peningkatan efisiensi keuangan, dengan membuat praktik keuangan lebih transparan, dapat diandalkan, dan berorientasi pada teknologi.

Tujuannya, lanjut penjelasan Bank Dunia, agar ketahanan sektor keuangan lebih kuat dalam menghadapi guncangan akibat krisis finansial. ***



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)