Salat. (internet)
Salat. (internet)

Hikmah di Balik Covid-19: Salat di Rumah Itu Keutamaan!

MENITRIAU.COM - JAKARTA - Untuk semata-mata untuk menjaga atau melindungi diri sendiri dari paparan pandemi virus corona (Covid-19), umat Islam dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) diminta untuk beribadah di rumah saja.

Peribadatan di masjid atau musala sekarang ini memang sudah dibatasi atau bahkan ditiadakan. Hal tersebut tapi jangan dimaknai sebagai upaya pelemahan keimanan.

Malah, menurut Sekretaris Komisi Fatwa Asrorun Niam Sholeh, seharusnya umat Islam meningkatkan ibadah di rumah. Bahkan, ada hikmah yang bisa dipetik dari situasi pandemi Covid-19 sekarang ini.

Salah satunya adalah manfaat penguatan ketahanan keluarga dengan beribadah bersama-sama keluarga di rumah. Menurut Asrorun, ini sesuai dengan hadist Rasulullah, yang artinya: "Sebaik-baiknya ibadah salat yang dilaksanaan oleh seorang hamba, yang dalam hal ini adalah umat Islam, adalah salat yang dilaksanakan di rumah."

Dilansir dari okezone.com, Asrorun pun menegaskan bahwa sholat di rumah itu keutamaan. Namun, ada catatan di sini, kecuali solat maktubah dan sholat yang terikat di dalam masjid seperti tahiyatul masjid.

"Untuk itu kami mengimbau kepada umat Islam agar meningkatkan ikhtiar batin. Apalagi sebentar lagi momentum Ramadan, umat Islam sudah seharusnya menguatkan pelaksaan ibadah," katanya saat konfrensi pers di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Jakarta, Sabtu (28/3/2020).

Sekadar diketahui, fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 meminta umat muslim di daerah dengan potensi penularan tinggi virus corona, untuk meniadakan salat Jumat dan menggantinya dengan salat Zuhur.

Argumentasinya, virus tersebut berpotensi menular dari satu manusia ke manusia lain dalam kondisi berkerumun. Sedangkan Salat Jumat dilakukan berjamaah atau beramai-ramai dalam suatu tempat sehingga rentan terjadi penularan.  ***



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)