Berita Pilihan : Apaya
Dr. Ir H.M. Nizar Dahlan, MSi. (istimewa)
Dr. Ir H.M. Nizar Dahlan, MSi. (istimewa)

Potensi Sumber Daya Alam Bengkulu

MENITRIAU.COM - Dalam pembangunan Provinsi Bengkulu, terdapat sumber daya alam yang dapat memberikan kontribusi perekonomian yang besar buat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bengkulu, meliputi pertanian, perikanan dan peternakan. Dibidang kelautan dan perikanan, menurut data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Provinsi Bengkulu memiliki potensi sebesar 145.334 ton dengan hasil 39.203,3 ton.

Pada bidang produksi peternakan, data dari Kementerian Pertanian, tercatat untuk sapi potong 84.943 ekor, belum lagi untuk sapi perah, kerbau  kambing dan ternak lainnya. Di bidang kehutanan, luas hutan 920.753,50 hektar. Terdapat rotan, damar dan gaharu. Dan juga ada kawasan Suaka Alam dan Kawasan Pelestarian Alam seluas 444.882 hektar dan Hutan Fungsi Khusus seluas 6.865 hektar.

Dari sisi pertanian, luas sawah yang mempunyai saluran irigasi teknis seluas 22.598 hektar, sawah non teknis seluas 68.232 hektar sedangkan luas lahan palawija, hortikultura dan sayur-sayuran seluas 386.881 Ha. Sedangkan, panjang saluran irigasi primer, sekunder dan tersier secara keseluruhan sepanjang 583,89 Km termasuk dengan memanfaatkan waduk Seluma yang dulu untuk menentukan tapak bendungan, penulis sebagai ahli geologi ikut berperan.

Dengan spesifikasi tersebut, Provinsi Bengkulu berhasil memproduksi padi sebanyak 3,755 ton/Ha, ayam buras sebanyak 2.797.876 ekor, entok sebanyak 48.029 ekor, angsa sebanyak 6.210 ekor dan puyuh sebanyak 10.717 ekor. Dibidang perkebunan yang ditunjang oleh luas lahan perkebunan seluas 1.978.870 hektar, menghasilkan sawit 703.335,60 ton, karet 72.248,89 ton, kopi robusta 55.461,39 ton, kopi arabika 2.466,36 ton, kakao 1.523,93 ton, kelapa 5.983,21 ton, lada 3.284,92 ton, cengkeh 64,26 ton, aren 1.862,40 ton, kayu manis 719,06 ton, pinang 465,59 ton dan kemiri 3.082,90 ton.

Sementara peranan subsektor peternakan dalam perekonomian Bengkulu relatif besar, dimana ada pengusaha dari Spanyol dan Korea Selatan telah menghubungi penulis yang bersedia untuk investasi dibidang peternakan ini, apalagi penulis adalah alumni IPB dalam tingkat doktoral.

Selain dari itu, potensi sumber daya alam yang tidak terbarukan banyak terdapat di Provinsi Bengkulu, seperti Migas, emas, besi/baja dan batubara. Dalam eksplorasi migas, terdapat cekungan hydrokarbon dan gas di Bengkulu selatan, Bengkulu utara, kabupaten Mukomuko dan lepas pantai di sekitar Pulau Tikus. Ketika penulis masih duduk di Komisi 7 DPR RI yang bermitra dengan ESDM, pernah disampaikan kepada saya, karena penulis juga seorang ahli geologi tamatan Universitas Padjadjaran Bandung.

Dari sisi endapan batubara, Di Provinsi Bengkulu terkenal dengan cadangan batubara yang bernilai ekonomis dengan tingkat kalori dari sedang sampai tinggi terdapat di Bengkulu, dilihat dari ilmu geologi, terdapat cekungan forearc yang artinya cekungan yang berposisi didepan jalur volkanic yang merupakan pegunungan bukit barisan yang sangat potensial dengan endapan batubara.

Cadangan emas banyak sekali terdapat di Bengkulu, antara lain di Bengkulu Selatan di Bukit Randau, Di Rejang Lebong, Muara Aman dengan kadar 24, sebagai emas yang sangat murni. Belum lagi potensi besi/baja yang pernah di survey ada sekitar 16.070 ton. Begitu juga potensi pasir yang terdapat disepanjang pantai Bengkulu sampai ke Mukomuko.

Dengan adanya potensi sumber daya alam yang sangat besar yang tedapat di Provinsi Bengkulu, penulis dengan latar belakang ahli geologi dan ahli kelautan, memprediksi bisa menjadi modal untuk membangun Bengkulu yang dalam segi penerimaan APBD nya masih tergolong kecil kurang dimanfaatkan dengan baik oleh mereka yang memimpin Provinsi Bengkulu, malah sudah 3 orang Gubernur yang ditangkap oleh KPK karena terkena OTT, itu menunjukkan secara masif, bahwa isi otaknya cuma bagaimana merampok kekayaan sumber daya alam Bengkulu untuk kepentingan pribadi dan bukan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Bengkulu. ***

*) Dr. Ir H.M. Nizar Dahlan, MSi, penulis bakal calon Gubernur Bengkulu.



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)