Dr. Ir. H. M. Nizar Dahlan, MSi. (istimewa)
Dr. Ir. H. M. Nizar Dahlan, MSi. (istimewa)

Potensi Pariwisata Bengkulu

MENITRIAU.COM - Dalam visit wonderful Bengkulu 2020, adalah salah satu prioritas yang akan dijadikan program untuk memperkenalkan Bengkulu dari sisi pariwisata.

Destinasi wisata Provinsi Bengkulu saat ini yang kaya dengan sejarah dan kebudayaan, akan menjadi daya tarik yang sungguh menarik untuk menarik minat orang untuk berkunjung ke Bengkulu, baik secara lokal, nasional maupun mancanegara.

Seperti diketahui, bahwa Festival Tabut yang berhasil memasuki Top 100 Destinasi wisata tingkat nasional, dan juga sedang diusulkan Festival Bumi Raflesia, Festival Pesisir Pantai Panjang dan Karnaval Batik Basurek serta Pekan Budaya EXPO Rejang Lebong untuk menjadi Acara Wisata bertaraf Nasional.

Sudah diusulkan kepada Pemerintah Pusat untuk dijadikan Agenda Pariwisata Provinsi Bengkulu sebagai bagian dari peningkatan perolehan sumber ekonomi Provinsi Bengkulu. Bila event-event itu sudah menjadi agenda pariwisata bertaraf nasional, maka pemerintah pusat dapat memberikan fasilitas promosi di berbagai media, baik media cetak dan elektronik dengan sumber pendanaannya di masukkan kedalam APBN.

Untuk menjadikan Propinsi Bengkulu menjadi salah satu tujuan wisata sebagai salah satu sektor yang akan dikembangkan, dibutuhkan inovasi yang sedikit spektakuler agar pariwisata menjadi sektor unggulan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah serta masyarakat, karena Provinsi Bengkulu adalah salah satu provinsi di Pulau Sumatera yang memiliki kekayaan alam yang indah serta budaya yang tinggi.

Menempatkan pariwisata sebagai sektor prioritas merupakan suatu langkah strategis untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan dapat memberikan perubahan untuk menstimulasi dan memberikan nilai tambah terhadap pertumbuhan ekonomi di sektor lain, misalnya transportasi lokal dan kuliner, seperti diketahui bila musim durian datang, banyak orang yang datang ke Bengkulu untuk menikmati nikmatnya durian Bengkulu tanpa rekayasa tangan manusia, asli dari alam. ***

*) Dr. Ir. H.M. Nizar Dahlan, MSi, penulis Bakal Calon Gubernur Bengkulu.



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)