Dr. Ir. H. M. Nizar Dahlan, MSi. (istimewa)
Dr. Ir. H. M. Nizar Dahlan, MSi. (istimewa)

Kuliner Khas Bengkuku

MENITRIAU.COM - Bengkulu, sebuah provinsi yang terletak di Barat Daya Pulau Sumatera, bukan saja terkenal dengan penemuan pertama Bunga Rafflesia, sehingga dikenal dengan julukan Bumi Rafflesia, juga terkenal dengan kuliner nya yang biasa disebut juadah.

Hal itu juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu. Mulai dari makanan enak hingga pernak pernik masakan yang unik dijajakan oleh pedagang untuk buah tangan wisatawan.

Kalau anda ke Bengkulu, jangan lupa ada berbagai makanan khas Bengkulu untuk dibawa pulang, diantaranya adalah : Lempok Durian, sejenis dodol berbahan dasar daging durian dicampur tepung gandum.

Makanan ini sudah sangat terkenal di Bengkulu karena memang sudah menjadi kuliner khas sejak lama. Bengkulu merupakan daerah penghasil buah durian yang dibilang cukup potensial, jadi pada waktunya musim tiba, bau nya yang khas itu telah merebak kemana mana.

Itulah awalnya penduduk Bengkulu membuat lempok Bengkulu dengan maksud mengawetkan buah durian supaya bisa dikonsumsi jangka panjang. Kue Perut Punai, oleh-oleh makanan khas Bengkulu yang satu ini cukup unik dari segi nama panggilannya yaitu kue perut punai.

Dinamai demikian karena kue tersebut menyerupai isi perut punai yang melilit lilit serta melingkar. Komposisi dari kue ini adalah tepung terigu yang digonseng terlebih dahulu sebelum dijadikan adonan.

Ada dua macam rasa dari kue unik yang satu ini, yakni gurih dan manis.
Kue Tart. Jenis makanan yang satu ini dulunya cukup elit, karena merupakan sajian yang dihidangkan untuk raja Bengkulu.

Dari segi bentuk, kue yang bernama juada bay tart ini terlihat seperti persegi empat, namun sedikit menyerupai kue Pie. Bahan dasar dari kue tart ini adalah tepung gandum, telur, gula dan mentega, sehingga menghasilkan tekstur yang lembut dan agak renyah, biasanya selai nenas digunakan sebagai topping.

Perpaduan kue lembut dan manisnya selai, menghasilkan rasa yang tiada duanya.
Manisan Terong. Jika umumnya menikmati terong itu di goreng atau di sayur, tetapi masyarakat Bengkulu menjadikannya bahan untuk dibuat manisan.

Bahan dasar membuat manisan tersebut adalah terong yang berwarna ungu serta gula pasir. Ada yang mengatakannya kalau manisan terong ini rasanya menyerupai buah kurma, kenyal dan manis. Karena daya tahannya yang lama, manisan terong ini cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh bila ke Bengkulu.

Emping Bengkulu, merupakan sejenis makanan yang terbuat dari biji buah melinjo yang digodok lalu ditumbuk untuk dimemarkan.

Emping bisa dijadikan cemilan saat bersantai bersama dengan keluarga tercinta atau suguhan buat tamu yang bertandang ke rumah.

Kopi Bengkulu

Pulau Sumatera terkenal dengan menghasilkan kopi, diantaranya adalah kopi Bengkulu yang cita rasanya sangat khas sekali. Banyak wisatawan menjadikan kopi Bengkulu sebagai oleh-oleh khas untuk dibagikan kepada kerabat dekat.

Sirup Kalamasi, merupakan minuman khas dan menyegarkan yang berasal dari Bengkulu. Ada sirup kalamasi yang berasal dari sari jeruk kalamasi dicampur dengan gula pasir sebagai pemanis. Uniknya, sirup ini bisa disajikan baik dalam keadaan hangat ataupun dingin.

Minuman yang sarat dengan vitamin C ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan daya tahan tubuh, apalagi sekarang sedang mewabahnya Covid-19.

Nah itulah beberapa kuliner khas Bengkulu yang dapat dinikmati untuk melepaskan selera bagi peminat kuliner. Untuk membeli oleh-oleh khas saat berkunjung ke bumi rafflesia, selain itu dengan membeli produk dalam negeri juga mampu meningkatkan laju ekomomi serta menumbuhkan cinta pada budaya bangsa sendiri. ***

*) Dr. Ir. H. M. Nizar Dahlan, MSi, penulis bakal calon Gubernur Bengkulu pada Pilkada Serentak 2020.



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)