Website PGRI Riau. (istimewa)
Website PGRI Riau. (istimewa)

PGRI Launching Website, dan Sensus Guru, Dosen, Tendik di Riau

MENITRIAU.COM - PEKANBARU - Melalui aplikasi Zoom Meeting Prof Dr Unifah Rosidy, Jumat (8/5/2020) meluncurkan website PGRI Riau dan program sensus guru, dosen dan tendik se-Provinsi Riau. 

Dalam kegiataan yang dihadiri secara virtual oleh guru-guru se-Provinsi Riau dihadiri juga oleh Plt Kadisdik Riau H Kaharuddin, Korwil PB PGRI Wilyah Riau Drs Huzaifah Dadang AG. M.Si, pengurus PGRI kabupaten/kota di Provinsi Riau, pimpinan perguruan tinggi se-Provinsi Riau dan undangan lainnya. 

Ketua PGRI Riau Muhammad Syafi’i mengatakan sesuai arahan PB PGRI bahwa perjuangan PGRI untuk guru, dosen dan tenaga kependidikan di Indonesia pada masa sekarang ini sudah mengalami paradigma perjuangan. Dimana dulu orang-orang berjuang di PGRI melakukan aksi jalanan dalam arti kata selalu berbentuk fisikly. 

"Tetapi perjuangan di era baru peradaban ini mesti harus melaksanakan perjuangan PGRI secara elegan dalam arti kata kita berjuang dengan intelektual dengan senjata kita data dan teknologi yang benar," tutur Syafi'i. 

Maka dari itu Syafi’i mengatakan bahwa setelah pengurus PGRI Riau dilantik periode 2020-2025 mulai membangun sistem yang disebut dengan digitalisasi organisasi sebagai rumah besar perjuangan perlindungan, kesejahteraan dan peningkatan kompetensi guru, dosen dan tendik se- Provinsi Riau berbentuk website.

Ia menambahkan, website yang akan terhubung kesegala stake holder yang berpengaruh pada perlindungan, kesejahteraan dan kompetensi guru sebagai teknologi informasi. "Untuk produk awal website kita menyajikan sensus guru, dosen dan tendik se-Provinsi Riau," sebut dosen di Universitas Riau ini. 

"Kita bisa mengisi sensus melalui pendataan ini dapat dilakukan dirumah oleh guru, dosen maupun tendik kita melalui handphone pintar atau laptop dari rumah. Sensus yang akan dilaksanakan mulai hari ini 8 Mei-8 Agustus 2020 merupakan proses awal validasi keanggotaan yang belum pernah kita lakukan agar kita berbenah menuju digitalisasi organisasi tersebut," sambungnya.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Riau sangat apresiasi terhadap proses digitalisasi yang dilakukan oleh PGRI Riau ini.

"Membangun sistem ini memang tidaklah mudah tetapi dengan kemauan dan semangat yang kuat di PGRI Riau untuk berjuang bagi guru, dosen dan tendik kita ini menjadi hal yang mudah kalau sama-sama bekerja. Apalagi kalau berbicara sensus ini sangat kita dukung sekali dalam membantu memetakan tenaga pendidik dan kependidikan di Provinsi Riau. Pemerataan pendidik dan kekurangan tenaga pendidik dapat kita antisipasi dengan adanya data yang valid. Kita akan support apa yang dapat kita bantu," papar Kahar yang sebelumnya menjadk Sekretaris Dewan DPRD Riau ini. 

Bukti Eksistensi

Ketua PB PGRI Unifah Rosidy mengatakan PB PGRI terkesan dengan aksi nyata yang dilakukan oleh PGRI Riau, PGRI Riau yang kami anggap mulai eksis dan “tidak tidur” kami angap suatu langkah maju organisasi yang dipimpin oleh ketua termuda provinsi di Indonesia ini. 

"Kita guru harus mengikuti perkembangan zaman dengan berteknologi agar siswa siswi kita tidak salah dalam menggunakan teknologi seharusnya kita lebih pandai berteknologi, termasuk organisasi yang kita cintai ini. Kami selalu mensuport program positif ini untuk menaungi pendidik dan tenaga kependidikan di Provinsi Riau ini. Kami PB PGRI mengucapkan selamat diluncurkannya website PGRI Riau dan mari Kita Sukseskan  Sensus Guru, Dosen dan Tendik se-Provinsi Riau," ucapnya.

Dalam acara tersebut juga menyajikan acara talkshow yang diadakan oleh SLCC PGRI Riau. Dengan bertemakan penguatan teknologi ICT guru biologi dalam program belajar dirumah yang menjadi pembicara Prof. Dr. Yustina M.Si dosen Pendidikan Biologi FKIP Unri dan Marwan M.Pd widyaiswara Provinsi Riau memaparkan tentang konsep pembelajaran teknologi selama masa cofid 19 ini. Dengan dipandu oleh Ketua SLCC yakni T. Firli Musfar SE.MM selaku Host peserta begitu antusias dengan beberapa pertanyaan yang disampaikan anggota. ***



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)