Ilustrasi. (internet)
Ilustrasi. (internet)

Pencuri Mesin Boat di Surau Suluk Dusun Muara Nikum Diringkus Polsek Rambah Hilir

MENITRIAU.COM - RAMBAH HILIR - Unit Reskim Polsek Rambah Hilir, Rokan Hulu, meringkus dua kawanan pelaku pencuri mesin speed boat, yag dilakukan Ahad (3/5/2020) malam lalu di gudang Surau Suluk Syech Baharuddin Dusun Muara Nikum, Desa Rambah Hilir Tengah, Kecamatan Rambah Hilir.

Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting melalui Kapolsek Rambah Hilir Iptu Budhi Ikhsani membenarkan penangkapan pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat).

"Kedua pelaku kini sudah diamankan di sel tahanan Mapolsek Rambah Hilir, guna proses lebih lanjut," jelas Kapolsek Iptu Budhi Ikhsani, Ahad (10/5/2020)

Budi menjelaskan, kejadian  berawal pada Senin (4/5/2020) sekitar pukul 00.10 WIB, saat itu Musri sebagai pelapor akan mandi ke Sungai Rokan. Namun saat itu dirinya dipanggil Rusli (pamannya) yang menderita tuna netra. Rusli menyuruh Musri mengecek mesin speed boat miliknya yang disimpan gudang.

Namun saat dicek, 1 unit nesin speed boat merk Matsumoto dan 1 unit mesin genset Firman sudah tidak ada lagi di gudang. Musri  kemudian mencoba mencari disekitar rumah Rusli, namun kedua barang tersebut tidak ditemukannya.

Atas kehilangan tersebut, Rusli mengalami kerugian sekitar Rp8,5 juta. Atas kesepakatan keluarga, akhirnya mereka melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Rambah Hilir.

Menindaklanjuti laporan warga di wilayah hukumnya, Kanit Reskrim Polsek Rambah Hilir Bripka Jaya Bakara.SH, dirinya dapatkan informasi  keberadaan pelaku pencurian.

Lalu Bakara melaporkannya ke Kapolsek Rambah Hilir. Dengan adanya laporan anggotanya Kapolsek langsung memerintahkan melakukan penyelidikan dan menangkap pelaku,

Atas perintah tersebut, tim bergerak cepat menuju target. Pada pukul 17.00 WIB Kanit Reskrim dan anggotanya berhasil mengamankan seorang pelaku yang mengaku bernama Mj alias Maijen di KM 11 Desa Mahato Kecamatan Tambusai Utara. Saat diinterogasi Mhb mengakui, saat melakukan pencurian dirinya tidak sendirian namun dibantu rekannya Syaf dan Usn.

Dari pengembangan, Kapolsek Budi Ikhsani dan anggota langsung turun bersama tim Buser Sat Reskrim Polres Rohul dan memburu teman pelaku. Didapatkan informasi, pelaku berada di Kecamatan Tambusai. "Lalu kita berkoordinasi dengan Kapolsek Tambusai AKP Yulihasman dan  Kanit Reskrim Polsek Tambusai, dan diketahui keberadaan rumah pelaku. Namun menurut informasi pelaku tidak berada di rumah. Atas kerja keras aparat gabungan akhirnya Syaf berhasil dibekuk dikediamannya di Lingkungan Benteng Kelurahan Tambusai Tengah, Sabtu (9/5/2020) pagi kemarin," sebut Budhi.

Dari Syaf, pihaknya mengamankan barang bukti 1 unit mesin speed boat merek Matsumoto yang disembunyikannya di belakang rumahnya, dan dibungkus karung goni. Polisi lalu menginterogasi Syaf, namun dia mengakui tidak mengetahui keberadaan Usm temannya. Akhirnya Staf dan Mj digelandang ke Mapolsek Rambah Hilir guna proses hukum lebih lanjut.

Kini Mj (38), warga Desa Koto Tinggi Kecamatan Rambah dan Syaf (39) warga RT 01, RW 01 Lingkungan Benteng Kelurahan Tambusai Tengah, jadi penghuni sel di Polsek Rambah Hilir guna mempertanggungjawabkan perbuatanya demi proses hukum lebih lanjut.

Bersama kedua pelaku polisi berhasil mengamankan 1unit kendaraan bermotor roda empat, Toyota Kijang Inova warna silver dengan nomor polisi BM 1525 MG, beserta kunci kontak, 1 unit mesin speed boat serta 2 karung goni. (hen)



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)