Mohammad Ridwan, Kepala Biro Humas BKN. (internet)
Mohammad Ridwan, Kepala Biro Humas BKN. (internet)

Ini Upaya BKN Permudah CPNS Ikuti Tes

MENITRIAU.COM - JAKARTA - Untuk mempermudah para pelamar menuju tempat tes di masing-masing wilayah, Badan Kepegawaian Negara (BKN) masih mengkaji penentuan titik lokasi tes seleksi calon pegawai negeri sipil 2018 (CPNS 2018).

"Sampai dengan sebulan yang lalu kita masih hanya sediakan 66 titik lokasi yang digadang-gadang jadi lokasi tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) dan SKB (Seleksi Kompetensi Bidang). Tapi terus berkembang, dan sekarang posisinya di 134 titik," kata Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan di Gedung BKN, Jakarta seperti dikutip dari liputan6.com, Selasa (14/8/2018).

Ridwan menyimpulkan, dengan dipersiapkannya 134 titik tersebut maka satu provinsi minimal akan memiliki empat lokasi tes CPNS 2018. "Artinya, kalau ada 34 provinsi, pukul rata, satu provinsi ada minimal empat lokasi. Itu update terbarunya," ungkapnya yang dirilis dari beritapns.com.

Dia menyebutkan, ada tiga indikator penentuan titik lokasi. Pertama, jarak tempuh paling jauh rata-rata domisli calon peserta menuju ke tempat tes. Kedua, kesulitan waktu tempuh.

"Kan ada yang jaraknya (ke lokasi tes) 20 km harus makan waktu 2 jam. Terus 100 km cuman 2 jam. Jarak kilometer dari peserta terjauh kita hitung," papar dia.

Indikator ketiga, ia menambahkan, yakni potensi jumlah pelamar pada suatu daerah. Ridwan juga menjelaskan, BKN sudah persiapkan langkah antisipatif bilamana permintaan tes di kawasan yang relatif sulit dijamah transportasi seperti di Papua dan Maluku itu besar.

Sebagai gambaran, dia memberikan contoh, penetapan titik lokasi tes di Jawa Timur yang akan disediakan di berbagai sudut provinsi. Antara lain di Banyuwangi (ujung timur), Madiun (ujung barat), hingga Surabaya (sisi utara).

"Pokoknya, kita ingin tidak seperti tahun lalu, yang tidak terlalu menghitung jumlah uang yang dikeluarkan peserta untuk persiapan itu. Kita juga harus lebih humanis, menghitung biaya riil yang mereka keluarkan untuk makan, menginap, transportasi, dan sebagainya," tutur dia. ***



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)