Gordon Ramsay saat mencium aroma rendang Sumatera Barat, baru-baru ini. (internet)
Gordon Ramsay saat mencium aroma rendang Sumatera Barat, baru-baru ini. (internet)

Gordon Ramsay Sebut Rendang Sumatera Barat Lebih Kompleks

MENITRIAU.COM - JAKARTA - Koki selebriti asal Inggris, Gordon Ramsay sempat mampir ke Sumatera Barat, Indonesia untuk syuting program televisi terbarunya Uncharted musim kedua. Dia mengajak dua tokoh kuliner Indonesia, William Wongso dan Ade Putri Paramadita untuk menemaninya belajar tentang kuliner dan budaya Sumatera Barat.

Menurut Ade, Ramsay merasa terkesan dan terkejut dengan kuliner dan budaya Indonesia. "Pada dasarnya dia sama seperti bule  lainnya. Mereka kaget karena Indonesia itu bukan hanya tentang apa makanan yang kita makan yang ada di piring kita. Tapi prosesnya atau ceritanya itu panjang dan banyak," kata Ade melalui sambungan telepon dengan Republika.co.id, Kamis (28/5/2020).

Dalam acara itu, Ramsay belajar memasak menu rendang khas Sumatera Barat yang mendunia. Ramsay mempelajari bagaimana tak mudahnya membuat rendang karena proses yang amat panjang.

Ade mengatakan, secara sederhana, sebenarnya Ramsay mengaku kepada Ade bahwa dia pernah mencoba rendang Malaysia. Meskipun demikian, Ramsay menyebut belum pernah makan rendang Indonesia.

"Begitu mencoba (rendang Sumatera Barat),  dia seperti mengatakan bahwa Indonesia memiliki rendang yang jauh lebih kompleks," ujar Ade.

Ade mengatakan, pada dasarnya Ramsay tak hanya belajar bagaimana membuat rendang. Namun, Ramsay mempelajari secara keseluruhan mengenai budaya apa yang ada di balik rendang itu. ***



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)