Mohammed Salah. (internet)
Mohammed Salah. (internet)

Inilah Kisah Awal Kesuksesan Mohammaed Salah Merumput ke Eropa

MENITRIAU.COM - JAKARTA - Siapa yang tidak kenal Mohammed Salah. Itu loh, pemain sepakbola asal Mesir yang kini merumput di klub Liga Primer Inggris, Liverpool. Dibalik kesuksesannya saat ini, ada kisah menarik sebelum striker Muslim itu meninggalkan Mesir untuk hijrah merintis karier ke Eropa. Pemain Arab Contractors disebut ikut berjasa dalam memuluskan langka Mo Salah menuju Eropa.

Salah mulai merintis karier dengan gabung klub lokal Al Mokawloon yang dikenal dengan sebutan Arab Contractors. Ia memperkuat Al Mokawloon selama dua musim pada 2010-2012.

Mantan kiper Arab Contractors, Mohamed El-Akabawy, mengaku punya cerita ketika mereka membantu Salah meraih peluang bermain di kompetisi Eropa. Saat itu klub ternama Mesir, Al Ahly dan Zamalek, tertarik mendatangkan Salah dari Arab Contractors.

"Saya tanya kepada Salah, mana yang akan dia pilih," cerita El-Akabawy kepada Ten TV channel, seperti dikutip Kingfut.com, Rabu (10/6/2020). "Dia saat itu menjawab ingin main di luar negeri."

El-Akabawy dan pemain Arab Contractors lainnya sepakat untuk mewujudkan mimpi Mo Salah tersebut. Ketika tahu ada pencari bakat akan menonton laga Arab Contractors, mereka tampil all out guna membantu penampilan Salah.

Arab Contractors saat itu bermain menghadapi El Gouna. Sebelum pertandingan dimulai, Salah mengatakan kepada rekan-rekannya bahwa ada beberapa pencari bakat Eropa yang datang menyaksikan pertandingan mereka.

"Dan, kami melakukan yang terbaik untuk membantu Salah bersinar dalam pertandingan dimana kami mengalahkan El Gouna," kata El-Akabawy. "Kami mencetak empat gol, dan Salah menyumbang dua gol di antaranya," sebutnya seperti dikutip dari Republika.co.id.

Mimpi Salah akhirnya menjadi kenyataan. Pada tahun 2012, raksasa Swiss FC Basel memboyong Mohamed Salah dari Arab Contractors.

Namun demikian, kata El-Akabawy, mentalitas yang membuat Salah sukses sehingga bisa berkarier di Eropa. Dia yakin Salah akan sukses di Eropa, tapi tidak pernah menyangka sesukses seperti sekarang ini.

"Saya tidak menyangka Salah mencapai tingkat ketenaran seperti sekarang ini," kata El-Akabawy.

"Apa yang membuat Salah bisa mencapai level tersebut adalah mentalitasnya. Apa yang dilakukan sebelumnya, menunjukkan bahwa dia sedang berproses menjadi seorang bintang," sambungnya.

Setelah dua tahun bersama FC Basel, Salah diboyong ke Liga Primer Inggris dengan gabung Chelsea. Dia sempat mencicipi kancah Serie A Italia dengan menjadi pemain pinjaman Fiorentina dan AS Roma.

Pada tahun 2015, AS Roma memberinya kontrak permanen sebelum akhirnya dilepas ke Liverpool dua tahun kemudian. Mohamed Salah tampil cemerlang bersama Liverpool dengan memberikan gelar juara Liga Champions, Piala Super UEFA, dan Piala Dunia Antarklub.

Pada musim ini, Salah sudah mencetak 20 gol dan 9 assists dalam 40 laga Liverpool di berbagai kompetisi. Dan, dia selangkah lagi akan membawa Liverpool meraih gelar Liga Primer Inggris untuk pertama kali dalam 30 tahun terakhir. ***



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)