Ilustrasi. (internet)
Ilustrasi. (internet)

PGRI Riau Apresiasi Kinerja Guru Jadi Operator IT PPDB Sekolah. Pemprov Diminta Beri Perhatian

MENITRIAU.COM - PEKANBARU - Guru yang dapat tugas tambahan sebagai Operator IT merupakan garda terdepan untuk kesuksesan Penerimaan Peserta didik baru (PPDB) online SMA/SMK se-Riau perlu diapresiasi.

Hal ini disampaikan Ketua PGRI Riau Dr. Muhammad Syafi'i kepada menitriau.com, Selasa (23/6/2020). Menurut Syafi'i,  operator PPDB Online mempunyai peran yang sangat vital dalam pelaksanaan proses penerimaan peserta didik  baru SMA/SMK secara online.

Ia menambahkan, peran mereka sangat menentukan kesuksesan proses penerimaan peserta didik  baru SMA/SMA. "Pekerjaan mereka mulai dari penyiapan perangkat pendukung pelaksanaan PPDB Online, kemudian melakukan verifikasi data dan dokumen persyaratan yang di upload oleh pendaftar di sistem aplikasi PPDB Online," tutur dosen Universitas Riau ini. 

Alur kerja operator dalam PPDB Online kata Syafi'i adalah langkah pertama operator melakukan verifikasi data dan dokumen pendaftar, apabila ada data atau dokumen yang di upload tidak sesuai ketentuan dalam Peraturan Gubernur Riau tentang PPDB SMA/SMK dan Petunjuk Teknis PPDB Dinas Pendidikan Provinsi Riau, maka operator mengeluarkan rekomendasi agar pendaftar melakukan perbaikan data, kegiatan perbaikan ini seringkali berulang sampai data dan dokumen yang di upload sesuai dengan ketentuan yang ada.

"Sebagai ilustrasi apabila di suatu sekolah ada 1.500 orang pendaftar, kemudian masing-masing pendaftar harus mengupload 5 macam dokumen, maka operator PPDB harus melakukan verifikasi sebanyak 7.500 dokumen, pekerjaan yang menyita banyak waktu, menguras tenaga dan pikiran serta membutuhkan ketelitian dan konsentrasi yang tinggi untuk memastikan semua dokumen sesuai dengan ketentuan dan regulasi dalam Peraturan Gubernur Riau dan Juknis PPDB Online dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau. Tidak jarang mereka bekerja sampai larut malam demi mencapai target verifikasi dokumen persyaratan PPDB Online," terangnya.

Sebagai garda terdepan dalam dalam pelaksanaan PPDB Online tersebut sudah sewajarnya Operator sekolah diberikan perhatian dan apresiasi dari stakeholder pendidikan dan Pemerintah provinsi Riau karena tanpa kerja keras  dan dedikasi yang tinggi dari Operator PPDB Online ini mustahil proses Penerimaan Peserta Didik Baru SMA/SMK Provinsi Riau berjalan dengan sukses, tutup Syafi'i. ***



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)