Suasana pertemuan silaturahmi Direktur PPs UIR Prof Dr Yusri Munaf, SH, MHum dengan Pemko Dumai, Senin (6/7/2020). (humasuir)
Suasana pertemuan silaturahmi Direktur PPs UIR Prof Dr Yusri Munaf, SH, MHum dengan Pemko Dumai, Senin (6/7/2020). (humasuir)

Tindaklanjuti MoU, PPs UIR Silaturrahmi ke Pemko Dumai

MENITRIAU.COM - DUMAI - Program Pascasarjana Universitas Islam Riau kembali melakukan safari akademik ke Pemerintah Kabupaten dan Kota.

Usai bertemu Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto bulan lalu, Direktur PPs Prof Dr H Yusri Munaf, SH, MHum bersilaturrahmi dengan Pemerintah Kota Dumai di Gedung Media Centre Dumai, Senin (6/7 2020).

Dalam silaturrahmi itu Yusri didampingi Wakil Direktur I Assoc Prof Dr H Rahyunir Rauf MSi, Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Dr H Moris Adidi Yogia, Ketua Laboratorium Magister Ilmu Pemerintahan, Dr Zainal MSi, Ketua Unit Pengelola Jurnal dan Publikasi Ilmiah PPS UIR Dr Rendi Prayuda MSi. Sementara dari Pemko Dumai diwakili Sekretaris Kota Dr Herdi Salioso MM.

Silaturrahami PPs UIR dengan Pemko Dumai berlangsung dalam suasana santai dan kekeluargaan. Menurut Yusri Munaf, kedatangan dirinya bersama PPs dalam rangka menindak-lanjuti memory of understanding (MoU) antara Pemko Dumai dengan UIR yang ditanda-tangani Walikota Zul As bersama Rektor Prof Syafrinaldi.

''Secara tekhnis MoU itu akan kita bahas dan segera direalisasikan ke dalam MoA (Memory of Agreement) antara Pascasarjana dengan dinas-dinas terkait. Tentu yang terkait dengan catur darma perguruan tinggi,'' kata Yusri Munaf.

Catur Dharma Perguruan Tinggi mencakup empat bidang kegiatan. Yakni bidang penelitian, pengajaran, pengabdian dan dakwah islamiyah. ''Biasanya kita kenal dengan tri dharma tetapi UIR menggunakan terminologi catur dharma, yakni dengan menambahkan satu dharma di luar tiga dharma yang sudah baku secara nasional. Yakni dakwah islamiyah,'' tambah Yusri Munaf.

Diantara kegiatan yang dapat direalisasikan dalam keempat dharma, menurut Yusri Munaf, adalah peningkatan sumberdaya manusia jajaran aparatur pemerintahan Kota Dumai. Juga kajian-kajian strategis lain yang muara akhirnya berkontribusi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan mempercepat akselerasi pembangunan daerah.

''Pascarasarjana juga membuka diri bila Pemerintah Kota Dumai ingin mengirimkan ASN-ASN untuk studi lanjut. Kita menawarkan enam program studi, magister ilmu hukum, ilmu administrasi, ilmu pemerintahan, teknik sipil, agronomi dan agribisnis. Enam prodi ini memiliki ahli yang mampu bekerja secara profesional,'' imbuh Yusri Munaf kepada Seko Hardi.

Sekretaris Daerah Kota Dumai Dr H Herdi Salioso MM menyambut baik kedatangan Yusri Munaf dan Tim PPs. Baginya UIR merupakan salah satu partner kerjasama Pemerintah Kota Dumai di bidang akademik dalam percepatan pembangunan sumberdaya manusia di Pemerintah Kota Dumai. ***



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)