Kapolres Rohul dan Bupati serta bersama rombongan lainnya foto bersama usai menanam jagung
Kapolres Rohul dan Bupati serta bersama rombongan lainnya foto bersama usai menanam jagung

Dilaunching Kapolres dan Bupati Rohul, Desa Rantau Sakti Jadi Desa Percontohan Desa Jaga Kampung

MENITRIAU.COMTAMBUSAIUTARA – Kapolres Rokan Hulu (Rohul) AKBP Dasmin Ginting bersama Bupati Rohul, H Sukiman secara resmi telah melaunching Program Jaga Kampong di Desa Rantau Sakti, Kecamatan Tambusai Utara.

Kapolres Rohul, AKBP Dasmin Ginting, Kamis (9/7/2020) mengatakan, bahwa program Jaga Kampong ini merupakan Program Kampung Tangguh Nusantara yang dicanangkan Polri secara serentak senasional. Program Jaga Kampung ini bertujuan membangun kemandirian masyarakat di saat situasi pandemi Covid-19, khususnya tangguh di bidang pangan.

“Program Kampung Tangguh Nusantara merupakan program bersama antara Polres Rohul, TNI dan Pemkab Rohul. Untuk menyesuaikan kearifan lokal di Kabupaten Rokan Hulu, maka program ini dinamakan "Jago Kampung" meskipun substansi kegiatannya sama dengan Kampung Tangguh Nusantara,” tuturnya.

Lanjutnya, melalui program ini, masyarakat diberikan pendampingan dari Polri, TNI dan Pemda melaksanakan program pertanian secara profesional sehingga diharapkan masyarakat dapat tangguh secara pangan. Kapolres juga memastikan, program Jaga Kampung akan dilakukan secara berkesinambungan, tidak sebatas kegiatan seremonial saja.

“Disituasi seperti sekarang, kita tidak boleh selalu mengharapkan negara karena negara punya keterbatasan. Kemandirian kita dituntut dan sudah banyak orang yang berkorban mendukung semua kita mari manfaat kan program ini sebaik-baiknya,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Rohul, H Sukiman memberikan apresiasi terhadap Polri yang aktif membantu masyarakat dalam penanganan Covid-19. “Tentunya apa yang dilakukan Polri ini sangat membantu sekali Pemerintah khususnya mempersiapkan masyarakat dalam memulai kehidupan new normal, dimana di saat Pandemi ini masyarakat harus tetap produktif dan bebas Covid-19,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kades Rantau Sakti, Purwadi ST MM memaparkan, Launching Program Jago Kampung ini ditandai dengan kegiatan penanaman jagung di lahan seluas 2 Hektare yang dihibahkan Sijus, tokoh masyarakat Rantau Sakti untuk mendukung program ini.

“Program ini kita laksanakan selain mengikuti program Polri, ini juga sebagai bentuk kepedualian kita ke masyarakat, dengan tujuan masyarakat di Desa Rantau Sakti ini bisa mandiri di tengah Covid-19 ini,” paparnya.

Launching Program Jaga Kampung itu turut dihadiri Bupati Rokan Hulu, H Sukiman, Waka Polres Rohul, Kompol Willy Kartamanah, Para Kabag dan Kasat, Kepala Dinas Badan Dan Kantor, Kepala Desa Rantai Sakti serta tokoh masyarakat Desa Rantau Sakti.

Selain itu, terlihat Kapolres bersama Bupati dan Forkopimda juga melakukan penaburan 10 ribu benih ikan di kolam di lahan tersebut. Serta menyerahkan penghargaan kepada Kepala Desa Rantau Sakti Purwadi dan Sijus Tokoh Masyarakat yang turut berpartisipasi menyumbangkan lahannya untuk mendukung program ini.



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)