Bertambah Satu Lagi, Anak dari ES Terkonfirmasi Positif Covid-19 dan Diisolasi di RSUD Rohul
Bertambah Satu Lagi, Anak dari ES Terkonfirmasi Positif Covid-19 dan Diisolasi di RSUD Rohul

Bertambah Satu Lagi, Anak dari ES Terkonfirmasi Positif Covid-19 dan Diisolasi di RSUD Rohul

MENITRIAU.COMPASIRPENGARAIAN – Setelah ES positif Covid-19, kini BA (20) warga Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, anak dari ES terkonfirmasi positif Covid-19 setelah Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mengumumkan satu warga terkonfirmasi positif Covid-19, Kamis (9/7/2020).

ES sendiri diketahui berangkat ke Jakarta sebelum hasil swab keluar. Ia dapat berangkat ke Jakarta setelah hasil rapid test yang disediakan di Bandara menyatakan nonreaktif. ES saat ini menjalani isolasi di Wisma Atlet Jakarta setelah Diskes Riau berkoordinasi dengan Diskes DKI Jakarta. Sementara BA sudah dilakukan Isolasi di RSUD Rohul.

Direktur RSUD Rohul, dr Novil Raykel mengatakan, BA terkonfirmasi positif berdasarkan 2 kali pengambilan swab masing-masing swab 1 pada 6 Juli 2020 dengan hasil negatif dan pengambilan swab ke 2 pada 7 Juli 2020 dengan hasil positif.

“BA diisolasi di ruang isolasi RSUD Rohul biasa, belum di ruang isolasi negatif. Kondisi kesehatannya sangat stabil dan sehat. Selama diisolasi, BA akan menjalani pemeriksaan penunjang dan penguatan imunitas seperti pemberian vitamin C dosis tinggi,” papar Novil.

Lanjut Novil, Rencananya dalam 2 kali 48 jam RSUD Rohul akan kembali melaksanakan swab terhadap BA untuk memastikan kondisi yang bersangkutan sudah bebas covid atau tidak.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Rohul, dr Bambang Triono mengatakan, dari hasil pemeriksaan BA tidak memiliki gejala penyakit ataupun riwayat penyakit bawaan (komorbit).

Bambang mengatakan, kasus ini sudah dikategorikan sebagai transmisi lokal karena penularan dari kontak erat (ayah ke anak atau sebaliknya). Namun daerah Ujungbatu belum dikatakan klaster karena penyebaran warga terkonfirmasi positif masih di kalangan satu keluarga.

“Untuk memastikan itu, rencananya besok kita akan swab massal di Pasar Ujungbatu yang berdekatan dengan rumah warga terkonfirmasi positif. Karena ES diketahui berprofesi sebagai pedagang dan sering berkunjung ke Pasar Ujungbatu,” ujarnya.

Dinas Kesehatan juga akan terus melakukan tracing kontak terhadap siapa saja yang pernah kontak ES dan BA untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)