Petugas melakukan coklik ke rumah warga. (afp)
Petugas melakukan coklik ke rumah warga. (afp)

KPU Rohil Memulai Kegaiatan Coklit

MENITRIAU.COM - BAGANSIAPIAPI - Komisi Pemilihan Umum Rokan Hilir mulai melakukan kegiatan Pencocokan dan Penelitian (Coklit). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari proses pemutakhiran data pemilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakli Bupati Rokan Hilir Tahun 2020.

Selain dimulainya kegiatan Coklit pada hari juga dilaksanakan kegiatan Gerakan Klik Serentak (GKS). Hal ini diungkapkan Ketua KPU Rokan Hilir Supriyanto.

Ia menjelaskan, bahwa dimulainnya kegiatan Coklit dan hari ini juga ada pelaksanaan kegiatan Gerakan Klik Serentak (GKS), kegiatan klik ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi KPU kepada masyarakat agar nantinya data pemilih semakin baik.

'Kegiatan klik serentak merupakan salah satu ruang yang disediakan oleh KPU agar masyarakat dapat melihat data dirinya apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum, untuk mengetahui itu dapat mengklik website yang telah disediakan oleh KPU'," terang Supriyanto.

KPU melalui laman lindungihakpilihmu.kpu.go.id mengajak masyarakat untuk mengecek data diri, sehingga dapat diketahui apakah sudah terdaftar atau belum.

Selanjutnya, koordinator Divisi Perencanaan dan Data KPU Rokan Hilir Hendra menjelaskan, kegiatan coklit akan berlangsung mulai 15 Juli s.d 13 Agustus. 'Pada tanggal tersebut petugas kami, PPDP akan mendatangi rumah pemilih door to door untuk dilakukan pencocokan dan penelitian terhadap data yang ada di KPU dengan data kependudukan yang dimiliki oleh masyarakat'.

Diakhir kesempatan Hendra menjelaskan bahwa pada tanggal 18 Juli akan dilaksanakan kegiatan Gerakan Coklit Serentak (GCS), kegiatan akan dilaksanakan serentak Se Indonesia, dimana sebelum melaksanakan coklit akan dilakukan apel terlebih dahulu di kecamatan masing-masing. (afp) 



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)