Hendri saat bersama Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto dalam suatu acara beberapa waktu lalu. (arif)
Hendri saat bersama Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto dalam suatu acara beberapa waktu lalu. (arif)

Ini Harapan Ketua KONI di Kacamata Hendri

MENITRIAU.COM - BANGKINANG KOTA -  Mantan Ketua Koordinator Wilayah Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kabupaten Kampar Hendri angkat bicara terkait figur Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kampar yang muncul kepermukaan saat ini.

"Ada beberapa calon yang saya tahu dan saya kenal seperti incumben pak Buya Gafar, pak Surya Darmawan kemudian ada juga Dhika Asril. Ketiga calon ini energik dan saya yakin mereka punya niat yang baik untuk memajukan olah raga kedepan," ungkap Hendri.

Menurut Hendri, melihat dari seorang sosok Buya Gafar, beliau telah membuktikan prestasi KONI Kampar dengan prestasi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang menjadi tuan rumah saat itu.

"Di bawah kepemimpinan pak Buya Gafar, selaku tuan rumah berada di peringkat Runner Up. Ini tentu menjadi penilaian tersendiri terhadap sosok Buya Gafar," puji Hendri.

Pria yang juga aktif di dunia Advokat ini juga mengupas sosok yang muncul yakni Surya Darmawan.

"Surya Darmawan memang pendatang baru di organisasi olahraga ini. Tapi beliau yang saya tahu tidak diragukan lagi kecintaannya terhadap olahraga," kata Hendri yang juga Sekretaris DPC PKB Kabupaten Kampar.

Ditambahkan Hendri, sedangkan Dhika Asril, lanjut Hendri adalah seorang anak muda yang energik berorganisasi sebagai Ketua Karang Taruna Kabupaten Kampar.
 
"Ketiga calon ini harus kita apresiasi atas ke ingginannya untuk memimpin KONI kedepan," ujarnya.

Ia berharap dengan maju nya ketiga figur tersebut tentunya punya tujuan bagaimana KONI Kampar ke depan dapat berprestasi.

Disinggung dukungan Bupati Kampar kepada salah satu calon ketua. Hendri menyatakan hal yang wajar pemimpin daerah dalam hal ini, bupati Kampar mendukung calon ketua KONI Kampar kedepan. "Namun kita berharap bupati memberikan dukungan kepada semua calon karena harus di apresiasi," tegasnya.

Lanjut Hendri, bahwa keingginan mereka mencalonkan diri untuk memimpin KONI kedepan, agar beri ruang untuk mereka berkompetisi dengan cara yang benar untuk memimpin KONI kampar kedepan.

Hendri yang juga pernah sebagai ketua pelaksana cabor balap motor pada Porprov Riau yang mana Kampar pada saat itu menjadi tuan rumah.

Hendri menambahkan bahwa saat itu pada Porprov Riau di Kampar sebagai ketua Korwil IMI Kampar secara otomatis ditunjuk sebagai Panpel balap motor.

"Kecintaan saya terhadap balap motor jauh sebelum Ikatan Motor Indonesia masuk menjadi cabor pada KONI saat itu saya memimpin salah satu team balap motor yaitu Tri Star Kencana. Alhamdulillah atas izin allah, saya memimpin team membawa nama Riau dengan prestasi cukup bisa dibangakan," bebernya.

Disebutkan bahwa dua orang atlit balap motor Agung Nugroho dan Idil Kurbaini pernah berjaya pada kejuaraan nasional balap motor Regional Sumatra sebagai peringkat 1 pada kategori Seeded dan pemula.

Sedangkan pada saat Porprov Riau di Kampar sebagai tuan rumah atlit balap motor Kampar berhasil mempersembahkan mendali emas pada kelas beregu serta beberapa mendali perunggu dan perak sedangkan secara peringkat untuk balap motor atlit balap motor kampar berada di posisi runner up.

Kenapa anda tidak ikut mencalonkan berkompetisi sebagi calon ketua KONI Kampar?

Sambil bercanda, Sekretaris DPC PKB Kampar ini mengatakan saya tidak mendapatkan dukungan dari cabor. "Karna keburu habis dukungannya pada calon yang ada saat ini," selorohnya sambil tertawa lepas.

Ia menanggapi, bahwa bukan saya tidak mau mencalonkan masuk dalam bursa calon ketua KONI Kampar saat ini. "Karna saya melihat masih banyak calon lain yang punya kemampuan dalam memimpin KONI Kampar kedepan. Ada pak Gafar, pak Surya Darmawan serta Dhika Asril atau calon lain yang belum saya ketahui mereka ini tidak diragukan lagi dari segi leadership dan managerialnya," ulas Hendri.

Kalaulah seandai nya anda menjadi ketua KONI Kampar apa yang anda lakukan untuk kemajuan KONI Kampar?

Sebagai pemimpii atau ketua yang diamanahkan oleh cabor ada dua agenda yang akan saya lakukan. "Pertama internal 
dalam struktur organisasi KONI yang dipimpin oleh seorang etua umum dan juga ada ketua 1 dan seterusnya bertugas mengkoordir masing-masing bidang dan sekretaris serta bendahara. Dalam struktur tersebut haruslah diisi oleh mereka yang mempunyai kompentensi sesuai dengan bidang yang menjadi tangung jawabnya," celetuk Hendri.

Selanjut, ia juga menyampaikan dengan tegas, dan juga telah teruji kecintaannya dan loyalitasnya terhadap olahraga. Hal ini sangatlah penting untuk berjalanlah organisasi KONI dan juga menghindari kesan bahwa yang bekerja tersebut hanyalah ketua, sekretaris, bendahara saja atau hanya sekedar ada nama pada struktur.

Kalaulah ini terjadi, saya yakin apa yang menjadi target utama KONI tidak akan bisa di wujudkan karena, KONI punya tugas yang amat berat ada 27 cabor yang harus di koordinir.

"Oleh karnanya, KONI harus memiliki sumber daya manusia yang berkualitas energik dan kreatif, kerja yang terukur dan program kerja yang jelas," sentilnya.

Sebagi contoh, kata Hendri, KONI harus senantiasa mengevaluasi pencapain prestasi cabor. Jika ada cabor yang berprestasi berikan reward agar cabor tersebut dapat meningkatkan prestasinya.

"Fasilitasi cabor tersebut jangan sampai terabaikan. Sedangkan untuk cabor yang belum berprestasi lakukan pembinaan secara terus menerus dan apa yang menjadi kendali bagi cabor tersebut," kata Hendri.

Dijabarkan Hendri, bahwa KONI Kampar patut bersyukur banyak sarana pra sarana olah raga yang kita miliki pada saat Riau tuan rumah PON, Kampar banyak mendapat venue bertaraf nasional seperti venue balap motor, Volly Ball. 

Selain itu, ada juga stadion bola kaki dan pada saat Kampar sebagai tuan rumah Porprov Riau veneu olahraga Kampar banyak bertambah.

"Artinya nya lebih dari 50 persen cabor telah memiliki sarana prasarana olahraga. Namun  permasalahannya yang muncul venue tersebut seperti tidak terurus karena tidak tepat secara pengelolaan," ungkapnya.

Lanjut Hendri, kalaulah kita bicara prestasi, tentu tidak bisa terlepas dari pembinaan latihan dan kompetisi. Karna hal tersebut tolak ukur untuk keberhasilan meraih prestasi. 

"KONI berkewajiban memfasilitasi bagaimana venue tersebut diserahkan pengelolaan nya kepada kepada masing-masing cabor. Supaya cabor tersebut dapat berlatih dan membuat kegiatan kompetisi sebagai tolak ukur kemampuan cabor tersebut," katanya lagi.

Kedua exsternal, KONI harus bisa menjalin komunikasi yang efektif dengan pemerintah daerah dalam berbagai hal yang dibutuhkan oleh cabor.

"Kita memahami keterbatasan anggaran yang di miliki KONI tidak akan bisa mengakomodir semua kegiatan yang dilakukan cabor. Disinilah perlunya kreatifitas dari seorang ketua KONI beserta jajarannya untuk menjalin kerjasama dengan pihak swasta sebagai sponsorship setiap kompetisi yang dilaksanakan oleh masing-masing cabor dengan adanya latihan dan kompetisi yang terencana. Saya yakin prestasi atlit Kampar akan cemerlang," ujarnya.

Program yang anda sampaikan sangat menarik tidak masalah bagi anda program ini dilakukan oleh kandidat salah satu calon yang terpilih nanti?

"Alhamdulillah kalau nanti ketua yang terpilih dapat melaksanakan apa yang menjadi harapan saya untuk kemajuan KONI dan insan olahraga Kampar masa yang akan datang. Tapi saya yakin ketua yang terpilih nanti punya program kerja yang brilian, karna para kandidat calon ketua yang ada saat ini tidak diragukan lagi  kemampuannya dalam menjalankan organisasi ini," sebutnya.

Namun harapan saya pada kandidat ketua KONI dan teman teman yang ada di cabor. "Marilah kita sukseskan pemilihan ketua KONI Kampar periode kedeannya. Mari berkompetisi yang baik karena ini adalah organisasi olahraga yang senantiasa menjaga sportifitas. Siapa pun yang terpilih nanti, itulah yang terbaik untuk KONI Kampar. Mari kita dukung demi tercapainya prestasi olahraga di kabupaten Kampar," pungkasnya. (rif) 



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)