Kepala Bappeda Rohul Muhammad Zaki, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Rokan Hulu Hen Irfan bersama GM SPR Langgak Faizal, menyaksikan kerja  mesin serut lidi usai menyerahkan bantuan kepada  IKM Langgak Craft di Koto Tandun, Kamis (10/9/2020). (istimewa)
Kepala Bappeda Rohul Muhammad Zaki, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Rokan Hulu Hen Irfan bersama GM SPR Langgak Faizal, menyaksikan kerja mesin serut lidi usai menyerahkan bantuan kepada IKM Langgak Craft di Koto Tandun, Kamis (10/9/2020). (istimewa)

PT SPR Langgak Serahkan Mesin Serut Lidi Kepada IKM Langgak Craft

MENITRIAU.COM - TANDUN - PT SPR Langgak menyerahkan bantuan mesin serut lidi kepada IKM Langgak Craft. Bantuan ini merupakan sebagai implementasi salah satu program pengembangan masyarakat perusahaan tersebut di tahun 2020.

"Penyerahan mesin serut lidi kepada IKM Langgak Craft ditetapkan sebagai salah satu program pengembangan masyarakat PT SPR Langgak tahun 2020 dengan pertimbangan bahwa aktivitas bisnis IKM Langgak Craft yang pro lingkungan dengan memanfaatkan limbah sawit menjadi produk yang bernilai ekonomis patut didukung oleh semua pihak,” ungkap Ikin Faizal, General Manager SPR Langgak pada saat menyampaikan sambutan di rumah produksi IKM Langgak Craft di Desa Koto Tandun Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu, Kamis (10/9/2020),

Faizal melanjutkan, produk IKM Langgak Craft dinilai mempunyai kualitas yang baik dan tidak kalah dengan kualitas produk lainnya di pasaran. Selanjutnya ia berjanji bersama dengan SKK Migas akan tetap memprogramkan bantuan untuk IKM Langgak Craft sehingga IKM langgak Craft mampu mandiri dan menjadi salah satu IKM yang mampu berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian di Desa Koto Tandun.

Camat Tandun yang diwakili oleh Rasono menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepedulian SPR langgak dan SKK Migas selama ini yang telah mengucurkan berbagai program CSR di Kecamatan Tandun. “Sudah banyak yang dikucurkan oleh SPR Langgak sejak beroperasi di Kecamatan Tandun ini. Mulai dari pembangunan rumah ibadah, gedung sekolah hingga bantuan bea siswa kepada mahasiswa berprestasi namun berasal dari keluarga yang kurang mampu di Kecamtan Tandun” ujar Rasono.

Dengan dilaksanakannya program tanggunggung-jawab sosial perusahaan (TJSP) atau CSR seperti yang dilaksanakan oleh PT SPR Langgak ini, akan mempercepat terujudnya Kabupaten Rokan Hulu sejahtera melalui peningkatan ekonomi kerakyatan, pendidikan dan infrastruktur seperti misi pembangunan Kabupaten Rokan Hulu saat ini, ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Muhammad Zaki.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu mengucapkan terima kasih kepada SPR Langgak serta SKK Migas yang sudah memenuhi TJSP dan bersinergi dengan masyarakat sekitar melalui IKM Langgak Craft,” ujar Zaki. 

Ia menambahkan, sebenarnya CSR seperti ini sudah banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu, namun yang sudah melakukan pembinaan seperti ini baru PT SPR Langgak. "Mudah-mudahan nanti menjadi cikal bakal IKM yang ada di Kecamatan Tandun dan akan menjadi pilot project bagi Kabupaten Rokan Hulu dan memicu kepada pelaku usaha lain untuk melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh SPR Langgak ini,” kata Zaki.

Kendali Mutu

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Rokan Hulu Hen Irfan berpesan agar IKM Langgak Craft memperhatikan kendali mutu yang jelas mulai dari pemilihan bahan baku hingga produksinya agar mampu bersaing dengan produk lainnya di pasaran. “Kami dari Peindustrian dan Perdagangan berkomitmen untuk membantu pelaku usaha agar berdaya saing sehingga diharapkan kelak Desa Koto Tandun mampu menjadi sentra industri lidi sawit,” ujar kadis.

Ketua IKM Langgak Craft, Sri, berharap semoga dengan adanya bantuan mesin serut lidi ini waktu dan kualitas produksi menjadi lebih baik. Sebagai perbandingan, tanpa mesin serut lidi ini, untuk menghasilkan 1 kg lidi sawit bersih diperlukan waktu hampir setengah hari. Namun dengan menggunakan mesin serut lidi, pihaknya mampu menghasilkan 1 kg lidi sawit bersih hanya membutuhkan waktu setengah jam.

“Mudah-mudahan, dengan bantuan mesin serut lidi ini dan beberapa program bantuan dari SPR Langgak kedepan, IKM langgak Craft mampu mandiri dan dapat meningkatkan ekonomi seluruh anggota,” harap Sri. ***



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)