Walikota Pekanbaru, Firdaus menyampaikan arahan dalam membuka acara Sosialisasi PPID di lingkungan Pemko Pekanbaru. (istimewa)
Walikota Pekanbaru, Firdaus menyampaikan arahan dalam membuka acara Sosialisasi PPID di lingkungan Pemko Pekanbaru. (istimewa)

Walikota Pekanbaru Ingatkan PPID Terbuka Kelola Informasi Pelayanan dan Pembangunan

MENITRIAU.COM - PEKANBARU - Walikota Pekanbaru, Firdaus mengingatkan Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) dan sekretaris dinas di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru agar memegang prinsip keterbukaan. Dan juga harus bisa mengelola informasi pelayanan dan pembangunan.

Ini disampaikan Firdaus usai sosialisasi PPID dan E-Lapor di hotel Evo Jalan Jenderal Sudirman, Rabu (9/9/2020). "Pengelola informasi ini diharapkan bisa mengelola informasi. Mereka harus punya pemahaman literasi yang komprehensif," terangnya.

"Kita tidak hanya bisa mengakses informasi, tapi berikan informasi secara terbuka kepada masyarakat,"  sambungnya.

PPID juga diminta agar mempermudah akses masyarakat seputar Kota Pekanbaru. Seperti informasi kemajuan infrastruktur dasar, transportasi  air bersih, SDM, layanan pendidikan dan ketersediaan tenaga kerja.

"Ada juga informasi tentang jaringan listrik, telekomunikasi dan sarana publik. Masyarakat sangat ingin memperoleh informasi tersebut," ucapnya.

Dikatakan Firdaus  informasi adalah hal yang utama. Informasi sangat berharga untuk pembangunan. "Pelaku usaha juga butuh informasi perihal sektor ekonomi dan potensi tenaga kerja," ujarnya.

Firdaus kembali mengingatkan agar PPID berpegang pada regulasi keterbukaan informasi.

Dalam kegiatan itu, hadir  Kepala Bidang Fasilitasi Pengaduan dan Pengelolaan Informasi Kemendagri, Handayani Ningrum, dan Ketua KI Riau, Zufra Irwan.

Peran Penting Diskominfo

Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau meminta Pemerintah Kota Pekanbaru memberikan perhatian setara terhadap Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian(Diskominfo) Pekanbaru dengan Dinas-dinas lain. Sebab, di Diskominfo lah ditentukan citra suatu daerah maupun kepala daerahnya.

Penegasan itu disampaikan Ketua Komisi Informasi (KI) Riau Zufra Irwan SE,  saat memberikan sambutan dalam kegiatan Sosialisasi PPID yang ditaja Diskominfo  Pekanbaru, di salah satu hotel di Pekanbaru, Rabu (9/9/2020).

Sosialisasi PPID itu berlangsung dua hari, Rabu dan Kamis besok, serta menghadirkan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri. Tidak diperoleh informasi alasan Diskominfo Persandian Pemko Pekanbaru tidak melibatkan Komisi Informasi sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut.

Padahal, dalam UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) disebutkan, Komisi Informasi melakukan evaluasi, pengawasan, dan juga penilaian tingkat kepatuhan Badan Publik atau PPID terhadap amanah UU KIP tersebut.

Sesuai UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang KIP, Diskominfo itu ditetapkan sebagai PPID Utama dengan atasan langsungnya Sekretaris Daerah (Sekda) baik untuk Pemkab/Pemko maupun Pemprov. Sementara Dinas atau OPD lain sesuai UU KIP membentuk dan berfungsi sebagai PPID Pembantu.

Menurut Zufra, ke depan jika Pemerintah daerah dan pimpinan daerah benar-benar berkomitmen tata kelola informasi berjalan dengan baik, citra daerah terwujud dengan baik yang artinya juga terkait dengan citra pimpinan daerah terjaga dengan baik, tak ada jalan lain tugas-tugas ini terpusat di Diskominfo.

"Permendagri Nomor 3 Tahun 2017 dengan tegas mengatur tentang hal itu. Tapi malangnya, anggaran PPID Utama di Diskominfo itu lillahi taala saja. Ini hampir terjadi di seluruh daerah, alokasi anggaran sangat kecil dan PPID Utama maupun Diskominfo terkendala untuk menjalankan fungsi dan misinya melaksanakan tata kelola informasi seperti yang diharapkan," papar Zufra Irwan.

Karena itu untuk mewujudkan tata kelola informasi yang baik, termasuk mewujudkan citra daerah serta terjaganya citra kepala daerah, Zufra berharap kondisi demikian menjadi perhatian Walikota Pekanbaru. "Apalagi, Pekanbaru itu pada KI Riau Award tahun lalu sudah berstatus 'menuju informasi. Jadi, mudah-mudahan ini menjadi perhatian dari Pemko Pekanbaru," pungkas Zufra. (adv)



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)