Zufra Irwan. (istimewa)
Zufra Irwan. (istimewa)

Jelang KI Award 2020, Komisi Informasi Riau Rampungkan Tahapan Monev dan Visitasi

MENITRIAU.COM - PEKANBARU - Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau telah merampungkan tahapan monitoring dan evaluasi (monev) serta visitasi (kunjungan)  dalam rangka pemeringkatan Badan Publik tahun 2020. 

Dengan demikian, tinggal dua tahapan lagi yang bakal dilakukan para komisioner KI Riau menjelang acara puncak malam anugerah "KI Riau Award 2020" yang dijadwalkan pada 12 November 2020 mendatang. 

"Alhamdulillah. Pada hari ini Komisi Informasi Riau sudah menyelesaikan tahapan monev dan visitasi dalam rangka pemeringkatan badan publik tahun 2020," kata Ketua KI Riau Zufra Irwan kepada media, Jumat (16/10/2020) siang.

Tahapan monev dan visitasi merupakan tahapan paling lama dan melelahkan yang harus dijalani para Komisioner KI Riau untuk pemeringkatan Badan Publik seperti diamanahkan UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). 

Apalagi tahun 2020 ini bertepatan dengan pandemi Covid-19 yang "memaksa" seluruh komisioner mesti ekstra hati-hati agar tak terpapar virus Corona saat melakukan kunjungan ke seluruh Badan Publik untuk cross check data dan kelengkapan administrasi serta desk layanan informasi publik di PPID-PPID.

"Proses monev dan visitasi sudah kita lakukan sejak awal Agustus lalu dan tuntas pada hari ini," terang Zufra. 

Selain harus mendatangi PPID Utama  12 kabupaten/kota se-Riau, tim visitasi KI Riau selama 3 bulan terakhir juga mengunjungi 78 Badan Publik/PPID, baik yang ada di lingkungan Pemprov Riau, Perguruan Tinggi, Partai Politik, BUMD dan Instansi Vertikal. 

Rinciannya adalah PPID Utama Kabupaten/kota 12,  OPD Pemprov Riau (36 PPID Pembantu), BUMD (7), Parpol (10), Universitas (UIR) dan Badan Publik Vertikal sebanyak 18.

"Tahun ini memang ada penambahan Badan Publik yang kita monev dan visitasi. Sebab, ada satu tambahan kelompok badan publik, yakni instansi vertikal. Jadi memang lebih padat kegiatan monev dan visitasinya," terang Zufra. 

Menurut Zufra, setelah tahapan monev dan visitasi, selanjutnya Komisi Informasi Riau akan masuk tahapan penginputan data administrasi sesuai yang diisi badan publik saat Self-Assessment Questionnaire (SAQ) sebelumnya. 

Terakhir tim penilai yang terdiri dari Komisioner KI Riau akan menggelar rapat pleno pemeringkatan, yang salah satunya melakukan penilaian terhadap video presentasi atasan  PPID Utama. Biasanya berisikan pemaparan kepala daerah tentang pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik di daerahnya.

Kedua tahapan itu diharapkan bisa rampung dalam dua pekan Oktober ini. Sehingga minggu pertama November 2020, KI Riau tinggal mempersiapkan segala keperluan untuk acara puncak malam anugerah "KI Riau Award 2020" yang dijadwalkan pada 12 November di Hotel Grand Central Pekanbaru. 

Keberhasilan merampungkan seluruh tahapan kegiatan pemeringkatan Badan Publik 2020 ini diakui Zufra tak terlepas dari dukungan dari Sekretaris KI Riau bersama staf sekretariat dan para staf ahli KI. "Terimakasih atas dukungan yang  diberikan untuk kesuksesan kegiatan KI ini," ujar Zufra lagi. ***



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)