Petugas PLN memperbaiki jaringan listrik di area Kota Pekanbaru. (humaspln)
Petugas PLN memperbaiki jaringan listrik di area Kota Pekanbaru. (humaspln)

Sambut HLN ke-75, PLN UIWRKR UP3 Pekanbaru Jaga Keandalan Pasokan Listrik

MENITRIAU.COM - PEKANBARU - Dalam rangka meningkatkan dan terus memperbaiki pelayanan PLN khususnya di PLN UIWRKR Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pekanbaru terus berkomitmen untuk menjaga pasokan listrik dengan melakukan kegiatan pemeliharaan secara rutin yang bertujuan menjaga kontinuitas agar listrik selalu andal.

Manager PLN UP3 Pekanbaru mengatakan saat ini listrik telah menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting,  Seluruh sendi kehidupan memerlukan listrik untuk menjalankan proses bisnisnya, mulai dari sektor industri, bisnis, pemerintahan, dan sosial, serta rumah tangga.

Oleh karena itu kesiapan pasokan dan memastikan listrik tersedia 24 jam bagi pelanggan menjadi syarat yang mutlak harus dipenuhi.

"Saat ini secara daya mampu pasokan listrik Khususya di Pekanbaru sudah sangat tercukupi bahkan sudah surplus karena kita di suplay dari system Grid Sumatera bagian tengah Sub sitem Riau,saat ini yang perlu kita jaga jangan sampai terjadi gangguan di jaringan maupun peralatan Distribusi kita sehingga pemeliharaan dan perbaikan peralatan Jaringan Distribusi kitalakukan secara terus menerus " Ujar Himawan selaku Manager UP3 Pekanbaru.

PLN UIWRKR UP3 Pekanbaru saat ini sangat intens melakukan pemeliharaan terlebih lagi dalam rangka menyambut *Hari Listrik Nasional Ke-75 dengan Tema Menerangi Indonesia membangun Bangsa* sehingga tema ini harus diwujudkan, saat ini dalam keadaan cuaca yang sering Hujan ,Petir disertai angin kencang  tantangan untuk meningkatkan keandalan pasokan sangat berat, Secara bertahap, seluruh jaringan listrik di wilayah kerja PLN UIWRKR UP3 Pekanbaru terus dilakukan proses pemeliharaan jaringan dengan melakukan kegiatan , seperti penggantian peralatan dan material yang telah usang, penggantian tiang dan peninggian andongan kabel yang rendah, serta menjaga jarak aman jaringan dari pohon dengan kegiatan pemotongan/pemangkasan pohon khusus nya yang sudah melewati batas aman sehingga tidak menyentuh jaringan PLN.

Himawan menambahkan dalam kegiatan pemotongan pohon, PLN juga telah bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekabaru  agar hasil pemotongan pohon aman dan tetap memenuhi kaidah estetika tata kota.

Himawan juga mengatakan "Tentunya dalam melakukan kegiatan pemeliharaan ini tidak bisa serta merta. Namun, harus terjadwal dengan baik, karena terkadang hal ini membutuhkan pembebasan tegangan listrik demi keselamatan petugas pelaksana," imbuhnya.
Dijelaskan, selain menjaga pasokan listrik tetap andal, PLN juga tetap    berfokus pada keselamatan ketenagalistrikan, agar pelanggan dapat   menikmati listrik dengan nyaman dan tetap aman dengan melakukan serangkaian kegiatan edukasi kepada masyarakat akan bahaya kelistrikan.

"Sosialisasi ini juga dilakukan melalui media elektronik seperti talkshow di radio dan stasiun televisi," jelasnya.

Menurutnya, petugas pelayanan PLN juga rutin melakukan inspeksi ketenagalistrikan untuk menemukan potensi-potensi penyebab gangguan pasokan listrik, dan melakukan edukasi secara langsung jika ditemukan aktivitas yang membahayakan disekitar jaringan listrik.

"Oleh karena itu, jika pelanggan mengalami gangguan kelistrikan atau menemukan potensi bahaya listrik, kami imbau untuk melaporkannya melalui contact center PLN 123, agar dapat segera ditindaklanjuti oleh petugas," pungkasnya. ***



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)