Arief Budiman (TVOne) menyampaikan kiat promosi wisata melalui televisi dalam Ngopi PWI Riau bersama Pokdarwis di  Pulau Rupat, Bengkalis, Ahad (7/2/2021). (istimewa)
Arief Budiman (TVOne) menyampaikan kiat promosi wisata melalui televisi dalam Ngopi PWI Riau bersama Pokdarwis di Pulau Rupat, Bengkalis, Ahad (7/2/2021). (istimewa)

PWI Riau Gelar Ngopi Bersama Pokdarwis di Rupat

MENITRIAU.COM - RUPAT - Memulai rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 dan HUT ke-75 PWI, Ahad (7/2/2021), PWI Riau menggelar Ngobrol Pintar (Ngopi) Bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

"Kedatangan kami ke sini dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional, sekaligus memberitakan pariwisata di Rupat ini," ungkap Ketua PWI Riau, H Zulmansyah Sekedang saat menyampaikan sambutan membuka Ngopi PWI Riau yang mengangkat tema "Bagaimana Pokdarwis Mempromosikan Potensi Wisata Pulau Rupat".

Dalam Ngopi PWI Riau tersebut, hadir narasumber Harry B Koriun (riaupos.co), Denni Risman (Zamrud Tv), Arief Budiman (TVOne), dan Kunni Masrohanti (Riau Pos).

Zulmansyah melanjutkan, saat ini Provinsi Riau telah memiliki Tol Permai (Pekanbaru-Dumai). Keberadaan Tol Permai sangat mendukung pariwisata di pulau ini ke tingkat nasional bahkan internasional.

Dijelaskannya lagi, biasanya orang akan berwisata mengunjungi tempat pariwisata terlebih dahulu menanyakan berapa jam menuju tempatnya. Kalau lebih dari enam jam orang akan malas datang.

"Nah dengan ada tol Permai ini, dari Jakarta menuju ke Rupat ini sudah bisa ditempuh dengan waktu lima jam," sebutnya.

Dirut Riau Televisi ini menambahkan, PWI memilih Pulau Rupat sebagai tempat puncak HPN 2021 yaitu untuk memperkenalkan Pulau Rupat kepada Presiden Jokowi Widodo yang masuk sebagai kawasan strategis nasional.

"Nanti puncak HPN akan dihadiri Pak Presiden melalui virtual dari Istana Negara. Saya sudah minta Ketua PWI Pusat agar Presiden menyapa delegasi PWI Riau di Pulau Rupat ini yang langsung nanti dipresentasikan oleh Gubernur Riau atau yang mewakili," ucap Zulmansyah.

Sambut Baik

Camat Rupat Utara Agus Sofian, menyambut baik kehadiran PWI Riau. Untuk itu dia meminta kepada masyarakat atau pokdarwis untuk memanfaatkan momentum ini.

"Saya berharap kepada pokdarwis untuk bertanya bagaimana mengembangkan pariwisata. Jangan sia-siakan kesempatan ini, karena ini merupakan promosi gratis bagi kita masyarakat Pulau Rupat," Kata Agus Sofian.

Diungkapkan Agus Sofian dari Desa Teluk Rhu atau Pulau Rupat ini setiap hari masyarakat dapat melihat banyak kapal menuju dan datang Malaysia. Namun tak satupun yang singgah ke Pulau Rupat ini.

Jaga Prokes Covid-19

Sebelumnya, saat pelepasan rombongan di PWI Riau Jalan Arifin Achmad, Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang berpesan kepada seluruh peserta HPN mulai dari keberangkatan hingga setibanya di lokasi acara tetap mengikuti protokol kesehatan seperti masker, cuci tangan dan menghindari kerumunan. Serta juga mengikuti ketentuan yang sudah ditetapkan. Hal ini bertujuan untuk mencegah dan menghindari penyebaran covid-19.

"Saya menghimbau dan mengajak seluruh kawan-kawan yang berangkat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan juga mengikuti ketentuan yang sudah ada. Seperti selalu memakai masker, mencuci tangan dan tidak berkerumun," pesan Zulmansyah.

Selama berada di Pulau Rupat, sebut Zulmansyah, ada beberapa agenda kegiatan yang akan diselenggarakan. Antara lain penanaman bibit pohon cemara pantai, Ngobrol Pintar (NgoPi) PWI Riau bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), bersih-bersih pantai dan MoU dengan BPDASHL Indragiri Rokan.

"Selama berada di Pulau Rupat, saya berharap kepada kawan-kawan untuk selalu happy-happy," pesan Zulmansyah yang akrab disapa Zum ini. ***



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)