Direktur Reskrimsus Polda Riau Kombes Gidion Arif Setiawan. (internet)
Direktur Reskrimsus Polda Riau Kombes Gidion Arif Setiawan. (internet)

Posting Soal Gempa, Warga Pekanbaru Diamankan Polisi

MENITRIAU.COM - PEKANBARU - Seorang wanita berinisial Ma, Rabu (3/10/2018) siang kemarin ditangkap di rumahnya Jalan Patin, Tangkerang Barat Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau.

Ma dibekuk Sub Direktorat II Reserse Kriminal Khusus Polda Riau lantaran postingan di media sosial facebook terkait bencana alam gempa bumi besar.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau Kombes Gidion Arif Setyawan yang dikonfirmasi Riau1.com pada Kamis (4/10/2018) pagi membenarkan terkait kasus yang ditangani jajarannya ini. Disebutkan, MA diduga sudah menyebar berita bohong lewat postingannya.

Postingan ini lah yang kemudian menimbulkan banyak keresahan di masyarakat, hingga polisi terpaksa mengambil tindakan hukum. Dalam unggahannya, Ma menyinggung juga soal gempa besar berkekuatan 8,6 skala richter.

Tak main-main, ia juga menyisipkan lembaga BMKG Jakarta, agar tulisannya terkesan lebih meyakinkan. Kata Gidion, itu diposting pelaku pada Selasa 25 September 2018.

"Yang bersangkutan sudah kita periksa dan mintai keterangannya untuk menggali lebih dalam soal motif dan alasannya memosting hal tersebut," yakin Kombes Gidion Arif Setyawan.

Selain mengamankan wanita ini, jajaran Subdit II juga mengamankan beberapa barang bukti terkait perbuatannya. Gidion mengimbau, agar masyarakat pengguna internet dan media sosial lebih jeli, agar tak termakan kabar hoaks.

Apalagi saat ini masyarakat tengah dirundung duka, akibat serentetan peristiwa bencana alam disejumlah wilayah di Indonesia, di mana salah satunya gempa bumi disusul Tsunami di Palu - Donggala Sulawesi Tengah. Dengan postingan hoaks tersebut tentu akan membuat banyak orang semakin resah.

"Dalam suasana duka seperti saat ini tidak layak seseorang memanfaatkan momen yang  menambah kepedihan dan duka di masyarakat," pungkas Direktur Reskrimsus Polda Riau. ***



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)