Penanaman pohon cemara di kawasan wisata Pantai Pesona, Rupat Utara, Senin (8/2/2021). (istimewa)

PWI Riau - BPDASHL Inrok Tanam Pohon Cemara di Pantai Pesona Pulau Rupat

MR/AR | 08 Feb 2021

MENITRIAU.COM - PULAU RUPAT - Sejumlah kegiatan dilaksanakan PWI Riau dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 di pulau Rupat kabupaten Bengkalis provinsi Riau.

Hari pertama Ahad (7/2/2021) PWI Riau memberikan edukasi kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dengan menghadirkan narasumber yang sangat berkompeten yaitu Arif Budiman dari TV One, Denni Risman penggiat media sosial, Kunni Masrohanti presiden penyair perempuan Indonesia dan Hary B. Koriun sastrawan. 

Setelah itu pada Senin (8/2/2021) dilanjutkan dengan kegiatan Go Green (penghijauan) di tepi bibir pantai pulau rupat dengan jenis pohon yang ditanami yaitu cemara pantai. 

Kegiatan penanaman pohon cemara pantai ini langsung diikuti oleh Plt. Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Indragiri Rokan (BPDASHL Inrok) Kemen LHK, Afnan Darma Putra. 

Afnan mengatakan, apa yang sudah dimulai PWI Riau saat ini dapat dilanjutkan bagi masyarakat di daerah ini. 

"Kami sudah siapkan banyak tanaman penghijauan. Untuk itu silahkan Pak Kepala Desa datang ke Pekanbaru meminta tanaman yang dibutuhkan," kata Afnan. 

Afnan mengungkapkan bahwa gerakan penghijauan ini merupakan kerjasama antara PWI juga akan membuat hutan komunitas pertama di Riau. "Kami sangat bangga PWI Riau telah memulai. Kami akan support oraganisasi apa saja yang meminta pohon penghijauan," ujarnya. 

Kegiatan penanaman pohon cemara ini dibuka Ketua PWI Riau H. Zulmansyah Sekedang didampingi Kepala Desa Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis. 

Dikatakan Zulmansyah, kelestarian pantai harus dijaga dan ditata dengan baik, salah satunya dengan penghijauan pantai di Pulau Rupat ini. Kendati sudah ada rencana pembangunan di kawasan ini, namun sejauh ini belum terealisasi.

"Kalau masyarakat di daerah ini punya aspirasi sampaikan langsung ke wartawan, mudah-mudahan melalui tulisan dari wartawan bisa didengar dan direalisasikan pemerintah," ujarnya. 

Zulmasyah juga berharap kerjasama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Indragiri Rokan (BPDASHL Inrok) bisa berjalan dengan baik dan jangka panjang.

"Pohon cemara sangat bagus ditanam. Selain pelindung juga bisa menetralisisr kadar air yang ada disekitar lokasi," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa Teluk Rhu, Mansur, sangat berterima kasih dengan kegiatan penanaman bibit pohon cemara. Menurutnya, hal ini juga dapat mempromosikan wisata Pantai Pesona.

"Banyak infrastruktur yang belum dibangun, dan kami berharap kegiatan ini dapat mempromosikan wisata yang ada di Pulau Rupat ini," katanya. ***


Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)