Ilustrasi. (internet)

Pasca Lahirnya Perppu Pilkada 2020, KPU Riau Gelar Konsolidasi KPU se-Riau

MR/BR | 15 May 2020

MENITRIAU.COM - PEKANBARU - Guna menjalankan surat edaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Kamis (14/5/2020) KPU Riau menggelar "Konsolidasi KPU se-Riau Pasca Perppu No. 2 Tahun 2020". Acara yang dilakukan melalu daring dengan aplikasi google meet yang diikuti seluruh Anggota KPU Provinsi Riau, dan KPU Kabupaten/Kota, serta Sekretaris KPU Provinsi Riau dan KPU Kabupaten/Kota. Hadir juga dalam forum itu, Komisioner KPU Republik Indonesia, Pramono Ubaid Tanthowi.

Konsolidasi KPU se-Riau dibuka Ketua KPU Riau, Ilham M. Yasir. Dalam pengantar konsolidasi, Ketua KPU Riau menyampaikan bahwa saat ini KPU Riau telah menjalankan edaran KPU RI untuk menjalankan kerja dari rumah (work from home) dengan penyesuaian yang bersifat lokalistik.

"Penyesuaian yang dilakukan adalah adanya piket kerja yang terjadwal baik di tingkat staf atau sekretariat dan juga komisioner. Luaran dari kerja dari rumah (work from home) itu adalah adanya laporan kinerja dan juga respon kebijakan yang dikeluarkan Anggota KPU," terang Ilham.

Ia juga menyampaikan postur anggaran yang telah ditandatangi oleh Pemerintah Daerah dan KPU Kab/Kota yang melaksanakan pilkada 2020. Selain itu, Ilham juga menyampaikan anggota KPU se Riau, dan juga sekretariat dalam keadaan sehat wal afiat, tidak ada yang teridentifikasi terpapar virus Covid-19.

Hanya saja, trend di Riau, warga yang terpapar virus Covid-19 masih bergerak naik. Sedangkan Pemda yang telah disetujui pemerintah memberlakukan PSBB ada 6 daerah yakni Pekanbaru, Pelalawan, Kampar, Siak. Dumai, dan Bengkalis.

"Konsolidasi dilakukan mengingat pentingnya kesepahaman seluruh anggota KPU di Riau, baik tingkat provinsi atau Kabupaten/Kota pasca terbitnya PERPPU 2 tahun 2020. Seperti diketahui, bahwa pada 4 mei 2020 lalu telah terbit PERPPU 2 tahun 2020 tentang perubahan ketiga UU Pemilihan no 1 tahun 2015 tentang pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota. Helat itu juga membicarakah antisipasi langkah-langkah tehnis yang dipandang urgen dan perlu," terang Ilham yang disitat dari riauterkini.com.

Setelah dibuka Ketua KPU Riau, Ilham M Yasir dan mendapat arahan dari komisioner KPU RI, Pramono Ubadi Tanthowi, konsolidasi dilanjutkan dengan tanya jawab. Kemudian dilanjutkan dengan paparan dari Ketua Divisi di KPU Provinsi kepada seluruh peserta Konsolidasi. acara yang dimulai pukul 13.00 tersebut, berakhir pukul 16.00 WIB. ***


Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)