Dr. Ir. H. M. Nizar Dahlan, M.Si. (istimewa)

Arti Sebuah Kemerdekaan

MR/AR | 17 Aug 2020

MENITRIAU.COM - Merdeka !!! Itulah pekikan yang sekarang diseantero jagat raya negeri ini, walau ada yang meneriakkannya dengan nada frustrasi. Makna sebuah kemerdekaan yang sebenarnya adalah makna yang sangat dalam untuk dirasakan dan dinikmati. 

Tetapi makna kemerdekaan kali ini, terasa menyesakkan dada. Kenapa ????. Tidak bisa dipungkiri bahwa arti sebuah.kemerdekaan itu bagi sebuah bangsa yang sudah diproklamirkan 17 Agustusa 1945  ternyata masih sekedar hiasan bibir saja untuk memperlihatkan kepada bangsa lain di dunia ini bahwa Indonesia telah.merdeka dari penjajahan bangsa asing.

Apakah kemerdekaan yang diproklamirkan itu adalah suatu makna yang hakiki dalam.kita berbangsa dan.bernegara? Apakah rakyat sudah benar-benar merasa merdeka dan berdaulat?? 

Mari kita lihat, betapa masih banyaknya rakyat Indonesia itu menderita, walau secara harfiah sudah 75 tahun.merdeka dari penjajah. Dimana letak ketidakpuasan rakyat terhadap makna sebuah kemerdekaan?

Lihatlah...akhir-akhir ini aroma politik keindonesiaan terasa menyesakkan dada. Selain dihantui oleh bencana virus corona yang menyerang tanpa ampun dan tanpa bisa diketahui, kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia juga menukik jatuh di bawah titik nol dan menumpuknya hutang yang entah kapan bisa dilunasi, dan siapa yang akan melunasinya, karena sistem pemerintahan Indonesia, presiden dan alat kelengkapan kenegaraannya cuma dibatasi cuma 5 tahun dan dapat diperpanjang satu priode lagi  tanpa harus mempertanggungjawabkan pekerjaannya selama berkuasa dalam bentuk sebuah Pertanggungjawaban dihadapan MPR.

Tinggal pergi, dan.digantikan lagi oleh rezim berikutnya. Tinggallah rakyat melongo melihat mereka turun dari singgasan kekuasaan dengan menyimpan sekian banyak harta kekayaan. Apakah itu arti sebuah kemerdekaan? 

Kita tidaklah merasa aneh  muncul kelompok-kelompok yang berkoalisi yang katanya ingin menyelamatkan Indonesia. Apakah artinya ini buat sebuah bangsa yang seharusnya bersatu padu untuk membangun Negeri ini untuk lebih maju? 

Siapakah yang telah menikmati arti kemerdekaan yang sesungguhnya. Kembali kita bertanya kepada hati nurani kita, apakah mereka yang diamanahkan memerintah itu telah menjalankan tugasnya dengan baik untuk kebaikan sebuah bangsa dan rakyat. Inilah pertanyaan yang.mengganjal dalam hati, semoga Allah memberikan petunjuknya kepada bangsa dan rakyat Indonesia. ***

*) Dr. Ir. H.M. Nizar Dahlan, M.Si, Bakal Calon Gubernur Bengkulu.


Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)