Santri Ponpes Tahfizul Quran memegang Alquran dari Rumah Yatim Cabang Riau. (istimewa)
Santri Ponpes Tahfizul Quran memegang Alquran dari Rumah Yatim Cabang Riau. (istimewa)

Rumah Yatim Salurkan Ratusan Alquran ke Ponpes di Pekanbaru dan Kampar

MENITRIAU.COM - PEKANBARUR - Rumah Yatim Cabang Riau menyalurkan 120 paket Alquran yang dibagikan kepada 6 Pondok Pesantren (Ponpes) di wilayah Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, Riau, Ahad (22/8/2021).

Program pembagian Alquran dan Kitab ini menurut Kepala Cabang Rumah Yatim Riau, Ramdan Burhanudin, merupakan program bantuan nasional yang serentak dilaksanakan di berbagai Cabang Rumah Yatim seluruh Indonesia.

"Tujuan kami bagikan bantuan ini adalah agar tercipta generasi penerus bangsa yang kompeten juga bertaqwa dan beriman dalam menghafal Alquran," terang Ramdan dalam keterangan tertulisnya yang diterima menitriau.com.

Persiapan pembagian bantuan sendiri sudah dimulai sejak hari Jumat hingga Sabtu lalu. Tim relawan pertama-tama mencari ketersediaan Alquran dan kitab yang nantinya akan mudah untuk digunakan anak-anak untuk menghafal isi Alquran.

"Setelah pengadaan Alquran lengkap, kami kirim 3 relawan menyampaikan ke 6 ponpes yang sudah kami tentukan sebelumnya," lanjut Ramdan.

Pendistribusian dilakukan relawan pertama adalah Pondok Pesantren Al Ikhwan, Jalan Pesantren 52, RT.03/RW.10, Kelurahan Pebatuan, Kulim, Kota Pekanbaru. Ponpes Al Ikhwan sendiri dihuni oleh 578 santri serta 23 orang pengajar dan pengurus.

"Terima kasih para donatur Rumah Yatim yang telah mewakafkan Alquran dan kitab ini kepada santri-santri kami, semoga diberikan balasan yang berilpat ganda oleh Allah SWT," terang Ust. M Suhadi selaku pengurus Ponpes Al Ikhwan.

Selanjutnya tim relawan melakukan pendistribusian kitab di Ponpes An Nawawi dan Ponpes Ummul Quro. Ponpes An Nawawi dihuni oleh kurang lebih 300 santri dan 15 orang pengajar serta pengurus dan berlokasi di Jalan Lintas Timur KM 19, Kelurahan Sialang Rampai, Kulim, Kota Pekanbaru. 

"Alhamdulillah bantuan ini akan membantu santri-santri kami yang punya minat tinggi untuk belajar menghafal Alquran, semoga bantuan ini dapat menjadi berkah untuk para donatur Rumah Yatim," ucap Indra Baihaqi, selaku Pengurus Ponpes An Nawawi.

Sedangkan Ponpes Ummul Quro berlokasi di Jalan Semangka, RT.01/RW.07, Kelurahan Bina Widya, Kecamatan Bina Widya, Kota Pekanbaru. Ponpes Ummul Quro sendiri dihuni oleh 328 santri dan 30 pengurus.

"Terima kasih para donatur yang peduli kepada kebutuhan kitab kami untuk menghafal Alquran," ucap M Farel, salah satu santri di Ponpes Ummul Quro.

Masih di wilayah Kota Pekanbaru, tim relawan melanjutkan kembali distribusi untuk Pondok Tahfidz Quran Radhi Insani dan Pondok Tahfidz Quran Al Qurthubi.

Pondok Tahfidz Quran Radhi Insani berlokasi di Jalan Darma Bakti, Gang Bambu, Kelurahan Labuh Baru Barat, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, dan dihuni oleh 25 orang santri serta 3 orang pengajar.

"Semoga para donatur akan dikumpulkan di surga Allah kelak atas bantuannya hari ini," terang Ilyas Harun, Pengurus Ponpes Tahfidz Quran Radhi Insani.

Sementara Pondok Tahfidz Quran Al Qurthubi, dihuni oleh kurang lebih 59 santri dan santriwati dan 11 pengajar dan berlokasi di wilayah Jalan Amal Mulia, Gang Amal Mulia II, Kelurahan Baru Timur, Kecamatan Payung Sekaki, Juga Pondok tahfidz Quran Al Qurthubi yg ke 2 beralamat di Jalan Tapah, Gang Lohan, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru.

Terakhir, tim relawan menuju Kampar untuk mendistribusikan Alquran dan kitab kepada Ponpes Tahfizul Quran yang berada di Jalan Raya Pekanbaru-Bangkinang KM 28, RT.01/RW.02, Desa Sungai Pinang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar.

Ponpes Tahfizul Quran sendiri dihuni oleh 200 lebih santri dan 32 pengajar serta pengurus.

"Terima kasih Rumah Yatim dan para donatur telah memberikan bantuan untuk santri-santri kami, semoga selalu diberikan berkah dan rahmat Allah SWT", ucap Sujarmanto, selaku Pengurus Ponpes Tahfizul Quran.

Ramdan Burhanudin bersyukur atas lancarnya proses pendistribusian Alquran dan kitab pada Ahad kemarin. Ia berharap agar bantuan ini dapat membawa kemaslahatan untuk kita di dunia dan akhirat kelak.

"Alhamdulillah anak-anak juga sangat senang menerima bantuan kitab ini, semoga kelak mereka bisa menjadi para hafidz dan hafidzah," tutup Ramdan.

#PejuangKebaikan mari bantu Rumah Yatim untuk terus menyalurkan bantuan untuk adik-adik kita, para penerus bangsa kelak, dengan donasi ke Rumah Yatim Cabang Riau Jalan Durian Nomor 13, Kelurahan Labuh Baru Timur, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau.

atau transfer melalui rekening :

BCA 220 139 8888
Bank Mandiri 1720 000 384 125
atas nama Yayasan Rumah Yatim Arrohman.

www.rumah-yatim.org



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)