Serah terima bus listrik rendah emisi MD 12E NF secara simbolis oleh Founder PT MAB, Jenderal (Purn.) Moeldoko kepada Direktur Utama PT Riau Andalan Pulp and Paper (unit operasi Grup APRIL), Sihol Aritonang, di kantor PT MAB, Selasa (31/8/2021). (humasrapp)
Serah terima bus listrik rendah emisi MD 12E NF secara simbolis oleh Founder PT MAB, Jenderal (Purn.) Moeldoko kepada Direktur Utama PT Riau Andalan Pulp and Paper (unit operasi Grup APRIL), Sihol Aritonang, di kantor PT MAB, Selasa (31/8/2021). (humasrapp)

Tekan Emisi, Grup APRIL Gunakan Bus Listrik Ramah Lingkungan

MENITRIAU.COM - JAKARTA - Sebagai upaya menekan emisi di lingkungan perusahaan dan mendukung program pemerintah, Grup APRIL menggandeng PT Mobil Anak Bangsa (MAB) dalam menyediakan dua unit bus listrik (electric bus) untuk menunjang kegiatan operasional perusahaan.

Serah terima bus listrik rendah emisi tersebut dilakukan secara simbolis dengan penyerahan kunci bus listrik unit MD 12E NF oleh Founder PT MAB, Jenderal (Purn.) Moeldoko kepada Sihol Aritonang, Direktur Utama PT Riau Andalan Pulp and Paper (unit operasi Grup APRIL) di kantor PT MAB, Selasa (31/8/2021).

Sihol mengatakan pembelian bus listrik tersebut ditujukan untuk menunjang kegiatan mobilitas karyawan di pabrik yang berlokasi di Pangkalan Kerinci, Riau sekaligus sejalan dengan komitmen perusahaan dalam visi “APRIL2030” untuk memberikan dampak positif bagi iklim, alam dan masyarakat dalam satu dekade mendatang.

“Adalah sebuah kebanggaan bagi kami bahwa akan segera hadir bus listrik pertama di Provinsi Riau. Pengoperasian bus listrik ini sekaligus mendukung target pemerintah dalam mengurangi emisi di dalam negeri. Apalagi bus listrik ini adalah karya anak bangsa dan akan digunakan untuk kemajuan perusahaan Indonesia,” ujar Sihol, dalam sambutannya.

Seperti diketahui, APRIL merupakan produsen pulp dan kertas berkelanjutan yang berupaya mengoptimalkan pengunaan energi terbarukan dalam kegiatan operasionalnya. Pembelian bus listrik dari MAB menjadi salah satu upaya APRIL dalam mengurangi pemakaian bahan bakar fosil dalam rangka mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Adapun, bus listrik MD 12-E NF (Normal Floor) berdimensi 12 meter yang segera dioperasikan dilengkapi dengan baterai LifePo berkapasitas 315,85 KWh dan kemampuan charging selama tiga jam. Bus listrik ini bertipe permanent magnet synchronous motor, dengan kecepatan tempuh maksimal 110km/jam.

Founder PT MAB, Moeldoko mengapresiasi visi keberlanjutan Grup APRIL dalam kegiatan operasionalnya, yang sejalan dengan produksi MAB untuk menciptakan kendaraan bertenaga listrik yang lebih ramah lingkungan.

"Dibutuhkan solusi strategis untuk mengatasi permasalahan lingkungan, maka jawaban yg dibutuhkan salah satunya adalah mobil listrik," ujar Moeldoko dalam sambutannya.

Kedepannya, Moeldoko yang juga Kepala Staf Kepresidenan (KSP) berharap lebih banyak lagi dukungan dari semua pihak untuk berkolaborasi dalam memajukan kendaraan berbasis listrik di Indonesia.

"Saat ini Kementerian Perhubungan memiliki komitmen yang kuat dan telah membuat road-map untuk transisi perubahan mobil konvensional ke mobil listrik. Hal ini merupakan tahapan-tahapan yang pasti, dimana nanti seluruh angkutan akan bergeser. RAPP mengambil posisi terdepan dalam menyikapi road-map ini," ujarnya.

Sebelum diserahkan secara resmi hari ini, APRIL telah melakukan Factory Acceptance Test untuk memastikan produksi bus listrik MAB tipe MD 12E NF telah sesuai secara kualitas. 

Adapun, unit bus listrik MD 12E NF yang diserahkan telah dinyatakan lulus uji berkala oleh Kementerian Perhubungan. 

Grup APRIL sendiri telah membangun charging station untuk pengisian daya bus listrik dan akan segera dilakukan uji coba dalam beberapa hari ke depan.

"Pembelian dua unit bus dari RAPP membuktikan kepercayaan yang tinggi dari konsumen atas produk MAB. Kami berharap MAB dapat berkontribusi dan mendukung upaya pemerintah untuk mengurangi polusi udara,"kata Kelik Irwantono, Presiden Direktur MAB.

Dalam waktu dekat, MAB akan mengembangkan varian unit baru seperti low entry, normal floor, intercity bus dan city bus. ***



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)