Pelantikan lima komisioner KI oleh Gubernur Riau Syamsuar di Gedung Daerah, beberapa waktu lalu. (dok)
Pelantikan lima komisioner KI oleh Gubernur Riau Syamsuar di Gedung Daerah, beberapa waktu lalu. (dok)

Zufra Irwan Kembali Pimpin KI Riau, Junaidi Wakil Ketua

MENITRIAU.COM - PEKANBARU - Melalui rapat pleno yang dilangsungkan di ruang rapat Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau, Senin (27/12/2021), Zufra Irwan, kembali diamanahkan sebagai Ketua KI Riau periode 2021-2025. 

Rapat pleno tersebut diikuti lima komisioner KI Riau hasil seleksi 2021 masing-masing Zufra Irwan, Tatang Yudiansyah, Alnofrizal, Asril Darma dan Junaidi. Dua nama terakhir merupakan komisioner wajah baru di Komisi Informasi Riau. 

Pelaksanaan pleno itu sesuai dengan ketentuan undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, bahwa Ketua dan wakil ketua dipilih dari dan oleh para anggota Komisi Informasi (pasal 25, ayat 4).

Berdasarkan informasi yang dihimpun media, pleno pemilihan struktur KI Riau 2021-2025 itu berlangsung alot. Terutama saat kelima komisioner KI Riau ini membahas tatib hingga pencalonan Ketua. 

Sebab selain Zufra Irwan yang berkeinginan kembali memegang tampuk pimpinan tertinggi di KI Riau, beberapa komisioner lainnya konon juga sangat berambisi menjadi ketua. 

Namun setelah melalui lobi-lobi, akhirnya Zufra Irwan kembali terpilih dan dipercaya menjadi Ketua KI Riau untuk periode keduanya, 2021-2025. 

Dan yang cukup mengejutkan, terjadi perubahan besar di posisi struktur KI Riau periode 2021-2025. Jika pada pada periode lalu jabatan wakil ketua dipercayakan kepada Tatang Yudiansyah, kini posisi itu diamanahkan untuk komisioner pendatang baru Junaidi. Tatang sendiri ditetapkan sebagai Komisioner Bidang Kelembagaan. 

Pada jabatan Komisioner Bidang Advokasi Sosialisasi dan Edukasi (ASE) juga berganti orang dari Alnofrizal kepada new comer H Asril Darma. Alnofrizal sendiri kini diamanahkan sebagai Komisioner Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi (PSI). Ini merupakan posisi yang ditinggalkan komisioner Hj Hasnah Gazali yang juga tersisih seperti halnya Jhony Mundung dalam seleksi calon komisioner KI Riau periode 2021-2025.

Ketua KI Riau Zufra Irwan tidak berkomentar banyak terhadap hasil pleno tersebut. Selain menyampaikan ucapan terimakasih karena kembali dipercaya memimpin KI Riau,  Zufra juga berharap seluruh komisioner bekerja sesuai dengan bidangnya masing-masing. 

"Alhamdulillah dan terimakasih atas kepercayaan kembali memimpin KI Riau. Semoga kami lebih solid lagi di periode kedua ini," harap Zufra Irwan. (rls)



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)