Perencanaan SDIT Darunnur. (istimewa)
Perencanaan SDIT Darunnur. (istimewa)

Tim PKM Arsitektur Unri Dampingi Perencanaan SDIT Darunnur

MENITRIAU.COM - PEKANBARU - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Arsitektur Universitas Riau (Unri) melaksanakan kegiatan pendampingan perencanaan SDIT Darunnur Yayasan Darunnur, Kelurahan Pematang Kapau, Kota Pekanbaru. 

Dikatakan Muhd Arief Al Husaini, ST, MT, Ketua Tim PKM Jurusan Arsitektur Unri, Yayasan Darunnur melihat semakin banyaknya anak usia sekolah dilingkungan Pematang Kapau yang dipicu oleh pertumbuhan penduduk akibat pengemangan kawasan industri disekitar Tenayan Raya.

Hal ini perlu disikapi dengan penyediaan sarana dan prasarana salah satunya adalah fasilitas pendidikan. Fasilitas pendidikan karakter yang dapat dilaksanakan dengan adanya muatan Islami seperti Sekolah Dasar Islam Terpadu.

Lanjut dikatakannya, Yayasan Darunnur memiliki lahan yang dapat dikembangkan sebagai pusat pendidikan Islam, hal ini ditandainya dengan ketersediaan Masjid Darunnur dan Lahan yang tidak terbangun masih dapat kembangkan. 

"Bangunan SDIT Darunnur dirancang dengan pendekatan kontekstual dengan melihat karakter lingkungan dengan menghadirkan nuansa islami dan melayu melalui ornament pada bangunan. Bangunan di rancang 3 lantai dengan fasilitas Ruang Kepala Sekolah, Ruang Guru, UKUS, Pustaka, Labor Komputer, dan sarana pendukung lainnya," imbuh Muhd Arief Al Husaini dalam siaran persnya diterima redaksi, Senin (6/6/2022).

Proses perencanaan ini dilakukan dengan tahapan survey lokasi lahan yang tersedia dan diskusi dengan Yayasan Darunnur. Rancangan yang telah dibuat selanjutnya diasistensikan kepada pengurus Yayasan agar mendapat masukan untuk kesempurnaan sesuai kebutuhan pendidikan nantinya. Kegiatan ini sudah dilaksanakan pada Mei hingga Juni 2022 dengan melibatkan beberapa orang dosen Arsitektur UNRI, Wahyu Hidayat ST.MURP, Dr. Muhammad Rijal ST. MT, Mashuri ST. MSc, Lisa Suryani ST.MT, dan Mira Dharma ST., MT.

“Kami sangat berterima kasih kepada tim pengabdian masyarakat Arsitektur UNRI yang telah bersedia membantu dan mendampingi dalam perencanaan bangunan SDIT Darunnur. Bangunan ini kami harapkan bersama," ucap Yuzar, Ketua Yayasan Darunnur. 

Dengan kegiatan ini, tim berharap dapat membantu mengakomodasi kebutuhan desain SDIT Darunnur serta proses pembangunan kedepannya dapat berjalan lancar dan sesuai dengan harapan masyarakat, harap Yuzar. (rls)



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)