Ketua PGRI Riau Dr Muhammad Syafi'i menyerahkan tumpeng kepada guru SMK 1 Muhammadiyah Pekanbaru usai upacara Hari Guru dan HUT ke-77 PGRI, Jumat (25/11/2022). (atan)
Ketua PGRI Riau Dr Muhammad Syafi'i menyerahkan tumpeng kepada guru SMK 1 Muhammadiyah Pekanbaru usai upacara Hari Guru dan HUT ke-77 PGRI, Jumat (25/11/2022). (atan)

Jadi Pembina Upacara HUT Guru. Ketua PGRI Kenang Saat Jadi Murid TK Aisyah

MENITRIAU.COM - PEKANBARU - Hari guru yang jatuh pada tanggal 25 November setiap tahunnya dirayakan dengan suka cita oleh siswa dan guru serta masyarakat Indonesia 

Hari bahagia bagi guru Indonesia itu juga diperingati oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Pekanbaru yang merupakan SMK swasta terbesar di Riau ini.

Tidak tanggung tanggung bagi SMK Muhammadiyah yang terletak di jalan Senapelan kota Pekanbaru ini menghadirkan orang nomor satu di organisasi profesi guru terbesar di Indonesia yakni Ketua PGRI Provinsi Riau Dr. Muhammad Syafi'i S.Pd.M.Si dinobatkan sebagai pembina upacara.
Upacara yang berlangsung khidmat dihadiri oleh pimpinan lembaga tersebut juga tampak dihadiri oleh majelis guru, pegawai dan ratusan siswa di lingkungan SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru.

Dalam amanat pembina upacara Syafi'i yang juga Rektor Institut Teknologi Perkebunan Pelalawan Indonesia ITP2I menyampaikan ucapan selamat Hari Guru dan HUT ke-77 PGRI kepada peserta upacara pada khususnya dan kepada ratusan guru se provinsi Riau pada umumnya.

Selain itu Syafi'i juga menyampaikan untuk mengingat satu kalimat yang sangat sederhana dan mengandung penuh makna serta dulu selalu disampaikan bahkan dalam satu bait lagu yaitu Hormati Gurumu dan Sayangi Teman.

"Guru yang seharusnya dihormati dan dilindungi profesi nya sebaiknya dihormati dan tidak boleh dibenturkan kepada upaya-upaya tidak mendidik siswa sehingga guru yang menegur siswa yang menjadi salah satu bukti guru berintegritas dibentur kan dengan aparat hukum. Jika memang perlu menegur siswa tegurlah sehingga siswa menghormati gurunya," ungkap Syafii.

Saat upacara berlangsung Syafi'i juga mengenang masa masa ketua PGRI termuda di Indonesia ini saat menjadi siswa TK Aisyiah 1 yang dulu berada dalam komplek sekolah SMK 1 Muhammadiyah tersebut. Banyak kenangan saya disini di SMK Muhammadiyah ini dan di TK Aisyiah ini, sambil menunjuk sudut sekolah yang dulu tempat bangunan TK berdiri dan sekarang sudah tidak ada lagi.

Disini karakter saya mulai terbangun, pada sekolah pertama saya ini, bermain dan Belajar serta di didik guru masih teringat oleh saya sehingga bisa Seperi sekarang ini. 

Besar jasa guru dan hormatilah guru agar apa yang dicita citakan para siswa akan berhasil diraih.

Selain upacara bendera juga diadakan acara pemotongan tumpeng dan kue serta pelepasan balon di udara serta foto bersama dengan peserta upacara. (tan)



Bagikan :
Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)