Irjen Muhammad Iqbal. (internet)

Irjen Muhammad Iqbal Jadi Kapolda Riau

MR/AR | 18 Dec 2021

MENITRIAU.COM - PEKANBARU - Gerbong mutasi kembali terjadi di tubuh Polri. Rotasi kali ini ikut menggeser posisi Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi. 

Kapolda yang dikenal memiliki segudang prestasi ini ditarik ke Mabes Polri. Ia diangkat sebagai Asisten Operasi (Asops) Kapolri.

Posisi yang ditinggalkan Irjen Agung Setya Imam Effendi diisi oleh wajah yang tak asing lagi bagi masyarakat Riau, yakni Irjen Pol Muhammad Iqbal SIK yang sebelumnya menjabat Kapolda Nusa Tenggara Barat  (NTB).

Hal itu tertuang dalam surat telegram rahasia (TR) Kapolri No ST/2568/XII/Kep/2021 tanggal 17 Desember 2021.

Irjen Muhammad Iqbal yang merupakan Alumni Akpol 1991 ini merupakan Polisi yang berpengalaman di bidang lalu lintas. 

Sebelum diamanahkan untuk kembali lagi ke Riau sebagai Kapolda Riau, Irjen Muhammad Iqbal pernah tiga kali bertugas di Bumi Lancang Kuning, yakni menjabat Kasat Lantas Poltabes Pekanbaru Polda Riau tahun 2000.

Kemudian, menjabat Wakapolresta Dumai Polda Riau pada tahun 2003 dan Koorspri Kapolda Riau tahun 2004 silam.

Selain Kapolda Riau, Kabid Propam Kombes Gatot Sojono juga ikut mendapat promosi. Dia  diberi jabatan baru yakni sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Provos Divpropam Polri.

Sedangkan penggantinnya adalah Kombes Pol Johanes Setiawan yang sebelumnya menjabat Analis Kebijakan Madya Bidang Wabprof Divpropam Polri.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto saat dikonfirmasi membenarkan adanya mutasi tersebut. Ia mengatakan, mutasi merupakan hal biasa terjadi untuk di tubuh Polri, guna kepentingan organisasi dan meningkatkan kualitas. 

"Mutasi ini merupakan hal yang dinamis untuk kepentingan organisasi dan hal yang dinamis terjadi di tubuh Polri,"  ujar Sunarto.***


Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)