Dorong UMKM Tingkatkan Ekonomi dan Ciptakan Lapangan Kerja, PLN Peduli Beri Bantuan KUB di Pekanbaru. (humaspln)

Dorong UMKM Tingkatkan Ekonomi dan Ciptakan Lapangan Kerja, PLN Peduli Beri Bantuan KUB di Pekanbaru

MR/AR | 22 Jun 2022

MENITRIAU.COM - PEKANBARU - Sebagai wujud kepedulian terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), PLN peduli melalui Program Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan (TJSL)/CSR memberikan bantuan untuk pengembangan usaha kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Limbungan Bertuah yang merupakan salah satu Mitra Binaan PLN di Kota Pekanbaru.

Usaha dari kelompok ini menghasilkan produk berupa aneka ragam makanan ringan khas daerah yang dibuat oleh ibu-ibu rumah tangga di Kelurahan Limbungan Kecamatan Rumbai Timur diantaranya Kue Retak Seribu Ayra, roti,donat dan kue kering lainnya dengan kemasan sederhana dan biasanya dijadikan oleh-oleh.

Bantuan yang diberikan PLN Peduli sebesar Rp 100 Juta ini akan dipergunakan untuk pembelian peralatan pembuatan produk kue berupa mixer Planetary listrik,Oven Listrik ,peralatan pengolahan kue lainnya dan perlengkapan toko penjualan kue guna menjual produk yang dihasilkan oleh anggota kelompok yang berjumlah 20 orang, adapun toko dan merek dari produk yang dihasilkan diberi nama Madeena.

Manajemen PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (UIWRKR) yang diwakili oleh Senior Manager KKU, Ambo Tuwo berharap agar bantuan ini dapat mendukung pelaku UMK seperti KUB Limbungan Bertuah dalam hal produksi yang lebih meningkat dan berkwalitas  serta dapat mengembangkan segmen pasar yang lebih luas.

“Melalui bantuan ini semoga produk Kue Khas Pekanbaru ini akan lebih meningkat lagi dalam memproduksi dan menjual ke pasar yang lebih luas meski dalam keadaan pandemi, dalam artian dari segi usahanya akan bertambah serta peminat akan lebih banyak lagi sehingga akan bisa menumbuhkan ekonomi dan lapangan kerja,” ujar Ambo.

Ketua KUB Limbungan Bertuah, Yusfaleni menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada PLN Peduli yang telah memberikan bantuan bagi keberlangsungan usaha kuliner makanan ringan yang telah dibinanya selama ini.

“Kami memulai usaha sejak 4 tahun lalu dengan produksi yang sederhana dan menjual produk menggunakan sistem orderan. Dengan modal yang tidak begitu besar kami tetap bertahan hingga sekarang,” ungkap Yusfaleni (60).

Seiring dengan program electrifying lisfestyle, KUB Limbungan Bertuah tidak mau kalah bersaing dengan para kompetitor lainnya, dalam upaya terus melakukan peningkatan produksi yaitu dengan menggunakan peralatan pengolahan kue menggunakan tenaga listrik yang ramah lingkungan dan efisien.

“Sebelumnya kami menggunakan mesin konvensional dan sangat berisik serta sangat mengganggu bagi tetangga juga memerlukan waktu yang lama untuk menyelesaikan pesanan. Dengan hadirnya PLN Peduli sekarang kami membuat kue lebih cepat sehingga 1000 pesanan yang paling banyak kami terima dapat diselesaikan dengan waktu singkat” tutur Yusfaleni.

Manager Komunikasi & TJSL PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan kepri Tajuddin Nur dalam penjelasannya mengatakan PLN terus mendorong dan mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) binaan PLN Peduli untuk mengembangkan bisnisnya. Salah satunya dengan menyediakan fitur marketplace yang terintegrasi dengan PLN Mobile untuk memudahkan para UMK binaan mempromosikan produknya langsung ke Smartphone yang ada digenggaman pelanggan. 

"Kedepan untuk KUB ini akan segera kami pasarkan melalui aplikasi PLN Mobile sehingga masyarakat seluruh indonesia dapat berbelanja" tutur Tajuddin. (rls)


Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)