Suasana bakti sosial peringatan HUT ke-51 Yayasan Perguruan Kartini, Kamis (30/3/2023). (istimewa)

Sempena HUT ke-51, Yayasan Perguruan Kartini Panipahan Gelar Bakti Sosial

MR/AR | 30 Mar 2023

MENITRIAU.COM - PANIPAHAN - Dalam rangka Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 Yayasan Kartini Panipahan,  menggelar bakti sosial, berupa pengobatan gratis, dan donor darah. Selain itu juga diberikan pembagian sembako  kepada warga yang membutuhkan. 

Kegiatan yang bertema ASKAR '84 BAKSOS KE 4 "Peduli dan Berbagi" tersebut dilaksanakan pada pada 30 - 31 Maret 2023

"Sempena HUT ke-51 Yayasan Kartini, hari ini kita gelar baksos, Lokasinya berada di aula Gedung Sekolah Kartini Panipahan, Kecamatan Pasirlimau Kapas (Palika) Kabupaten Rokanhilir," ujar Pengurus Yayasan Kartini Panipahan, Jhon Shuback kepada wartawan, Kamis (30/3/2023)

Jhonshuback mengatakan kegiatan baksos donor darah  tersebut terbuka untuk umum. Namun, terdapat sejumlah syarat bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi seperti harus dalam kondisi sehat, usia minimal 17 tahun, berat badan di atas 48 kg, tekanan darah dan denyut nadi normal.

"Memiliki kadar Hemoglobin (Hb) 13,0 gr/dl sampai 17,0 gr/dl untuk laki-laki dan 12,6 gr/dl sampai 17,0 gr/dl untuk perempuan," katanya.

Selanjutnya, kata Jhon yang juga Tokoh Masyarakat Thionghoa Panipahan ini tidak sedang mengonsumsi obat-obatan selama tiga hari sebelum donor, istirahat cukup dengan tidur minimal lima jam. Lalu, tidak memiliki riwayat penyakit jantung, ginjal, dibetes dengan terapi insulin, kanker, hemofilia dan penyakit darah lainnya.

Sedangkan untuk perempuan, tidak sedang menstruasi, menyusui dan hamil dan memiliki interval waktu minimal 60 hari dengan donor sebelumnya.

"Bagi warga yang ingin mendonorkan darahnya bisa langsung datang ke lokasi, kegiatan dimulai hari ini (30-31/3) pukul 08.00 hingga selesai" terang pria yang akrab disapa Obak Panipahan 

Selain Donor Darah, kata Obak pihaknya juga  memberikan Pengobatan Gratis kepada warga masyarakat Panipahan berupa Pengobatan umum, Pengecekan Kolesterol, Pengecekan Gula serta pengecekan Asam Urat serta memberikan paket sembako sebanyak 400 Paket 

"Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat Panipahan," pungkas Obak (jon)


Bagikan tulisan ( berita/opini ) anda ke TIM Redaksi kami
Email : redaksi@menitriau.com
(Sertakan Foto dan Data Diri Anda)